Kepemimpinan Kepala Sekolah dalam Pembinaan Kompetensi Pedagogik Guru di SMA Negeri 1 Unggul Darul Imarah Kabupaten Aceh Besar

Devi Yani, 271324768 (2017) Kepemimpinan Kepala Sekolah dalam Pembinaan Kompetensi Pedagogik Guru di SMA Negeri 1 Unggul Darul Imarah Kabupaten Aceh Besar. Skripsi thesis, uin ar-raniry banda aceh.

[thumbnail of Membahas Kemampuan Guru]
Preview
Text (Membahas Kemampuan Guru)
PDF GABUNG.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (2MB) | Preview

Abstract

Kompetensi pedagogik merupakan salah satu kompetensi yang harus dimiliki oleh guru dalam mengelola pembelajaran peserta didik. Dengan adanya kompetensi pedagogik ini maka dapat meningkatkan kualitas pembelajaran yang lebih baik serta menciptakan suasana pembelajaran yang kondusif. Namun, permasalahan yang sering terjadi bahwa kurangnya kemampuan guru dalam mengelola pembelajaran peserta didik, sedangkan keberhasilan kegiatan pembelajaran tidak terlepas dari seorang guru. Semakin bagus kompetensi pedagogik guru maka semakin bagus pula terciptanya suatu pembelajaran yang efektif. Tujuan penelitian dalam skripsi ini adalah untuk Untuk mengetahui gaya kepemimpinan kepala sekolah dalam pembinaan kompetensi pedagogik guru di SMA Negeri 1 Unggul Darul Imarah Kabupaten Aceh Besar, untuk mengetahui model pembinaan kompetensi pedagogik guru di SMA Negeri 1 Unggul Darul Imarah Kabupaten Aceh Besar, dan untuk mengetahui kendala kepala sekolah dalam melakukan pembinaan kompetensi pedagogik guru di SMA Negeri 1 Unggul Darul Imarah Kabupaten Aceh Besar. Bentuk penelitian yang digunakan dalam skripsi ini adalah penelitian kualitatif dengan menggunakan pendekatan deskriptif. Subyek penelitian adalah kepala sekolah, dua orang wakil kepala sekolah, dan empat guru mata pelajaran. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi, dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa gaya kepemimpinan kepala sekolah SMA Negeri 1 Unggul Darul Imarah memiliki dua gaya kepemimpinan yaitu, gaya kepemimpinan karismatik dan gaya kepemimpinan demokratis. Sementara model pembinaan kompetensi pedagogik guru yang kepala sekolah SMA Negeri 1 Unggul Darul Imarah gunakan adalah model supervisi kelas, workshop atau lokakarya, pengadaan rapat sekolah, dan seminar atau pelatihan. Kendala kepala sekolah SMA Negeri 1 Unggul Darul Imarah dalam pembinaan kompetensi pedagogik guru yaitu, kurangnya persiapan guru dalam membuat perangkat pembelajaran, kesibukan kepala sekolah, dan ada beberapa guru yang kurang disiplin dalam menghadiri rapat.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: 1.Dr. Sri Rahmi, MA 2.Nurussalami, M.Pd
Uncontrolled Keywords: Kepemimpinan, Pedagogik, Guru
Subjects: 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: 271324768 DEVI YANI
Date Deposited: 26 Oct 2017 07:30
Last Modified: 26 Oct 2017 07:31
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/1391

Actions (login required)

View Item
View Item