Pengembangan Klip Video Pembelajaran pada Materi Termokimia Berbasis STEM di SMA Negeri 1 Kutacane

Nia Melati Selian, 160208001 (2020) Pengembangan Klip Video Pembelajaran pada Materi Termokimia Berbasis STEM di SMA Negeri 1 Kutacane. Skripsi thesis, UIN AR-RANIRY.

[img]
Preview
Text (Pengembangan klip video pembelajaran pada materi termokimia berbasis STEM bertujuan untuk menghasilkan sebuah media pembelajaran yang dapat membantu peserta didik untuk belajar mandiri, karena kemudahan dalam mengaksesnya. Termokimia merupakan materi kimi)
Nia Melati Selian, 160208001, FTK, PKM, 085360626576.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (12MB) | Preview

Abstract

Pengembangan klip video pembelajaran pada materi termokimia berbasis STEM bertujuan untuk menghasilkan sebuah media pembelajaran yang dapat membantu peserta didik untuk belajar mandiri, karena kemudahan dalam mengaksesnya. Termokimia merupakan materi kimia yang banyak melakukan perhitungan dengan menggunakan persamaan kimia sehingga sebagian besar peserta didik mengalami kesulitan dalam memahami materi tersebut. Cara belajar yang baik yaitu menghadapkan peserta didik dengan masalah seperti menggunakan pembelajaran berbasis STEM. Dari hasil observasi awal dan wawancara yang dilakukan diperoleh bahwa di SMA Negeri 1 Kutacane masih kurang dalam penggunaan klip video dalam proses pembelajaran. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui kelayakan, respon guru, serta respon peserta didik terhadap klip video pembelajaran pada materi termokimia berbasis STEM. Rancangan penelitian ini merupakan penelitian pengembangan (Research and Development) dengan menggunakan model desain ADDIE. Data dikumpulkan melalui lembar validasi dan angket respon, kemudian data tersebut dianalisis dengan menggunakan rumus persentase dan mengubahnya menjadi deskriptif. Berdasarkan hasil validasi oleh 3 orang validator diperoleh skor rata-rata keseluruhan sebesar 3,65 dengan persentase 91,25% serta kriteria sangat layak. Hasil uji coba pada guru dan peserta didik diperoleh persentase secara berturut-turut adalah 86,67% dan 90,81% dengan kriteria sangat baik. Secara keseluruhan dapat disimpulkan bahwa klip video pembelajaran pada materi termokimia berbasis STEM sangat layak digunakan sebagai media pembelajaran di SMA Negeri 1 Kutacane.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing I : Ir. Amna Emda, M.Pd Pembimbing II : Teuku Badlisyah, M.Pd
Subjects: 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan) > 371 Sekolah dan Aktivitasnya: Pendidikan luar biasa > 371.1 Guru dan Pengajaran
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Kimia
Depositing User: Nia Melati Selian Nia Melati Selian
Date Deposited: 10 Sep 2020 04:47
Last Modified: 10 Sep 2020 04:47
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/13921

Actions (login required)

View Item View Item
TOP