Pengembangan LKPD Berbasis Saintifik dan Nilai Islami pada Pembelajaran Tematik di Kelas VI MI

Nurul Iman, 160209046 (2020) Pengembangan LKPD Berbasis Saintifik dan Nilai Islami pada Pembelajaran Tematik di Kelas VI MI. Skripsi thesis, UIN AR-RANIRY.

[thumbnail of Pengembangan LKPD Berbasis Saintifik dan Nilai Islami pada Pembelajaran Tematik di Kelas VI MI]
Preview
Text (Pengembangan LKPD Berbasis Saintifik dan Nilai Islami pada Pembelajaran Tematik di Kelas VI MI)
Nurul Iman, 160209046, FTK, PGMI, 082368787936.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (8MB) | Preview

Abstract

Berdasarkan observasi di MIN 5 Banda Aceh, kurang pahamnya guru akan pendekatan saintifik, penerapan nilai islami hanya pada kegiatan awal dan akhir pembelajaran seperti mengucapkan salam dan berdoa namun tidak memasukkan unsur nilai islami pada materi pembelajaran. Selain itu MIN 5 hanya menggunakan LK dan LE dikerjakan oleh belum dirancang untuk menuntun peserta didik menemukan konsep dan menemukan idenya sendiri. Berdasarkan permasalahan tersebut, salah satu upaya yang bisa dilakukan adalah dengan mengembangkan LKPD berbasis saintifik dan nilai islami pada pembelajaran tematik. Penelitian pengembangan ini mengadopsi metode ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation dan Evaluation) dengan modifikasi tanpa tambahan Implementasi dan Evaluasi di masa pandemi Covid-19 ini. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) telah dikembangkan LKPD berbasis saintifik dan nilai islami pada pembelajaran tematik di kelas VI MI, (2) kelayakan LKPD berbasis saintifik dan nilai islami dinilai oleh ahli media memperoleh persentase kelayakan 91,53% dengan kriteria sangat layak, bidang bahasa memperoleh persentase kelayakan 87,36% sangat layak, bidang materi memperoleh persentase kelaykan 89,7% dengan kriteria sangat layak, dan bidang agama memperoleh persentase kelayakan 87, 73% dengan kriteria sangat layak. Secara keseluruhan mendapat skor 89,35% LKPD berbasis saintifik dan nilai islami ini sangat layak digunakan dalam proses pembelajaran di kelas VI MI.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: LKPD, Saintifik, Nilai Islami.
Subjects: 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan) > 371 Sekolah dan Aktivitasnya: Pendidikan luar biasa > 371.1 Guru dan Pengajaran
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Nurul Iman
Date Deposited: 10 Sep 2020 04:12
Last Modified: 10 Sep 2020 04:12
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/13924

Actions (login required)

View Item
View Item