Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Adobe Flash CS6 pada Materi Struktur Atom di MAN 3 Banda Aceh

Suci Nabila, 160208020 (2020) Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Adobe Flash CS6 pada Materi Struktur Atom di MAN 3 Banda Aceh. Skripsi thesis, UIN AR-RANIRY.

[img]
Preview
Text (Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Adobe Flash CS6 pada Materi Struktur Atom di MAN 3 Banda Aceh)
Suci Nabila, 160208020, FTK, PKM, 085261753443.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (12MB) | Preview

Abstract

Penelitian dan pengembangan media pembelajaran interaktif berbasis Adobe Flash CS6 pada materi struktur atom dilaksanakan di MAN 3 Banda Aceh dilatarbelakangi oleh kurangnya respon ketertarikan dan motivasi siswa dalam belajar. Media yang telah digunakan seperti media visual (model atom molimod), power point, dan LKPD. Dalam pembelajaran kimia, siswa merasa kesulitan dalam memahami pembelajaran jika tidak disertakan dengan teks dan penjelasan. Media pembelajaran interaktif dibuat dengan teknologi multimedia yang merupakan pemanfaatan komputer untuk membuat dan menggabungkan teks, grafik, audio, gambar bergerak (animasi) yang memungkinkan untuk melakukan interaksi, berkreasi dan berkomunikasi. Media pembelajaran interaktif dilengkapi dengan cover, petunjuk penggunaan, kompetensi dasar, indikator, tujuan pembelajaran, apersepsi, materi, quis, dan tabel unsur periodik. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui kelayakan dan respon siswa terhadap media pembelajaran interaktif berbasis Adobe Flash CS6 pada materi struktur atom dengan menggunakan metode penelitian dan pengembangan model Sugiyono. Penelitian ini menggunakan instrumen lembar validasi dan angket sedangkan teknik pengumpulan data berupa validasi dan angket respon. Teknik analisis data yang digunakan adalah persentase. Berdasarkan hasil validasi yang diperoleh dari skor rata-rata persentase kelayakan media pembelajaran interaktif oleh pakar ahli/validator adalah 96,6% dengan kriteria sangat layak, sedangkan data hasil ujicoba kepada 32 siswa sebagai responden diperoleh skor rata-rata persentase 83,87% dengan kategori positif. Dengan demikian media pembelajaran interaktif berbasis Adobe Flash CS6 pada materi struktur atom dapat dikembangkan di MAN 3 Banda Aceh.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan) > 371 Sekolah dan Aktivitasnya: Pendidikan luar biasa > 371.1 Guru dan Pengajaran
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Kimia
Depositing User: Suci Nabila Suci Nabila
Date Deposited: 10 Sep 2020 04:48
Last Modified: 10 Sep 2020 04:48
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/13928

Actions (login required)

View Item View Item
TOP