Analisis Kendala dan Alternatif Solusi terhadap Pemanfaatan Laboratorium Kimia di SMA Negeri Kabupaten Aceh Barat Daya.

Siska Fajriani, 160208006 (2020) Analisis Kendala dan Alternatif Solusi terhadap Pemanfaatan Laboratorium Kimia di SMA Negeri Kabupaten Aceh Barat Daya. Skripsi thesis, UIN AR-RANIRY.

[img]
Preview
Text (Analisis Kendala dan Alternatif Solusi terhadap Pemanfaatan Laboratorium Kimia di SMA Negeri Kabupaten Aceh Barat Daya.)
Siska Fajriani, 160208006, FTK, PKM, 081264665513.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (10MB) | Preview

Abstract

Fasilitas laboratorium sekolah merupakan salah satu sarana pendukung dalam proses belajar mengajar. Kondisi laboratorium harus sesuai dengan standarisasi yang telah ditetapkan oleh pemerintah. Hal ini dimaksudkan agar proses pembelajaran kimia berjalan dengan lancar. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis kendala dan alternatif solusi dalam pemanfaatan laboratorium kimia. Permasalahan dalam penelitian ini adalah tentang kendala dan alternatif solusi terhadap pemanfaatan laboratorium kimia SMA Negeri di Kabupaten Aceh Barat Daya. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif. Pengumpulan data menggunakan angket, wawancara dan lembar observasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa permasalahan dalam pemanfaatan laboratorium untuk kegiatan praktikum di sekolah adalah belum maksimalnya fasilitas laboratorium, serta sarana dan prasarana pendukung kegiatan praktikum, belum lengkap prosedur penuntun praktikum yang memadai, serta tidak adanya laboran yang kompetibel dalam merancang pelaksanaan praktikum di laboratorium, kurangnya pemahaman siswa terhadap penggunaan lembar kerja peserta didik dan juga kurangnya inventarisasi dari pemerintah untuk pengadaan peralatan laboratorium di sekolah. Solusi yang ditawarkan dalam menjawab permasalahan diatas adalah dengan memberikan pelatihan kepada guru dan laboran tentang teknik-teknik dasar laboratorium dan teknik mengelola laboratorium serta menumbuhkan motivasi guru dan peserta didik dalam melakukan kegiatan praktikum dengan memberikan pembekalan praktikum-praktikum yang sifatnya sederhana namun menarik.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan) > 371 Sekolah dan Aktivitasnya: Pendidikan luar biasa > 371.1 Guru dan Pengajaran
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Kimia
Depositing User: Siska Fajriani Siska Fajriani
Date Deposited: 10 Sep 2020 04:47
Last Modified: 10 Sep 2020 04:47
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/13932

Actions (login required)

View Item View Item
TOP