Pengelolaan Perpustakaan dalam Meningkatkan Minat Baca Siswa di SD Negeri 8 Banda Aceh

Nurfitri, 160206067 (2020) Pengelolaan Perpustakaan dalam Meningkatkan Minat Baca Siswa di SD Negeri 8 Banda Aceh. Skripsi thesis, UIN AR-RANIRY.

[thumbnail of Pengelolaan Perpustakaan dalam Meningkatkan Minat Baca Siswa di SD Negeri 8 Banda Aceh]
Preview
Text (Pengelolaan Perpustakaan dalam Meningkatkan Minat Baca Siswa di SD Negeri 8 Banda Aceh)
Nurfitri, 160206067, FTK, MPI, 082317664448.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (5MB) | Preview

Abstract

Perpustakaan sekolah merupakan tempat penyedia informasi yang berperan sangat penting dalam meningkatkan minat baca siswa. Namun permasalahan yang terjadi masih lemahnya SDM dalam pengelolaan perpustakaan sehingga dapat mengakibatkan kurangnya minat siswa ke perpustakaan, oleh karena itu pengelolaan perpustakaan yang baik akan menimbulkan ketertarikan siswa untuk membaca. Tujuan penelitian dalam skripsi ini adalah untuk mengetahui strategi kepala perpustakaan dalam meningkatkan minat baca siswa di SD Negeri 8 Banda Aceh dan untuk mengetahui kendala yang dihadapi pada proses pengelolaan perpustakaan dalam meningkatkan minat baca siswa di SD Negeri 8 Banda Aceh. Jenis penelitian dalam skripsi ini adalah kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Subjek penelitian dalam skripsi adalah kepala perpustakaan, staf perpustakaan, peserta didik. Teknik pengumpulan data dalam skripsi ini adalah observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa strategi yang digunakan oleh kepala perpustakaan adalah menentukan program kerja perpustakaan, memberikan pelatihan, menerima mahasiswa PKL dari ilmu perpustakaan, bekerjasama dengan perpustakaan provinsi, bekerjasama dengan guru dan memberikan reward kepada siswa yang sering berkunjung ke perpustakaan. Kendala yang dihadapi pada proses pengelolaan perpustakaan dalam meningkatkan minat baca siswa di SD Negeri 8 Banda Aceh yaitu kurangnya staf tetap di perpustakaan, fasilitas perpustakaan belum lengkap, sarana dan prasarana masih belum memadai, ruang perpustakaan yang terbatas. Diharapkan penelitian ini dapat dilanjutkan oleh pihak-pihak yang terkait.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 000 Computer Science, Information and System > 020 Ilmu Perpustakaan dan Informasi > 025 Operasi Perpustakaan, Arsip, Pusat Informasi
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Nur Fitri
Date Deposited: 11 Sep 2020 03:08
Last Modified: 11 Sep 2020 03:08
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/13934

Actions (login required)

View Item
View Item