Peran Kepala Sekolah Dalam Pemberdayaan Komite Sekolah di SMA Negeri 2 Samalanga Bireuen

Nurlaina Fajri, 160206070 (2020) Peran Kepala Sekolah Dalam Pemberdayaan Komite Sekolah di SMA Negeri 2 Samalanga Bireuen. Skripsi thesis, UIN AR-RANIRY.

[thumbnail of Peran Kepala Sekolah Dalam Pemberdayaan Komite  Sekolah di SMA Negeri 2 Samalanga Bireuen]
Preview
Text (Peran Kepala Sekolah Dalam Pemberdayaan Komite Sekolah di SMA Negeri 2 Samalanga Bireuen)
Nurlaina Fajri, 160206070, FTK, MPI, 081262370037.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (6MB) | Preview

Abstract

Komite sekolah adalah lembaga yang berperan penting dalam meningkatkan tanggung jawab dan peran masyarakat dalam pengambilan keputusan disekolah, sebagai pemberi pertimbangan dalam pelaksanaan kebijakan disuatu pendidikan, pendukung, dan pengontrol.Maka dari itu komite sekolah perlu diberdayakan agar lebih berfungsi dalam menjalankan tugas dan fungsinya. Tujuan penelitian dalam skripsi ini adalah untuk mengetahui gaya kepemimpinan kepala sekolah dalam pemberdayaan komite sekolah di SMA Negeri 2 Samalanga, untuk mengetahui pengelolaan komite dalam pemberdayaan komite sekolah, dan untuk mengetahui hambatankepala sekolah dalam pemberdayaan komite sekolah di SMAN 2 Samalanga. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif, dengan tekhnik pengumpulan data melalui obeservasi, wawancara, dan dokumentasi. Subjek penelitiannya yaitu kepala sekolah, ketua komite, dan guru. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa:Dalam menjalankan peran kepemimpinannya kepala sekolah SMA Negeri 2 Samalanga memiliki dua gaya kepemimpinan yaitu gaya kepemimpinan demokratis dan gaya kepemimpinan karismatik. Pengelolaan komite dalam pemberdayaan komite sekolah di SMANegeri 2 Samalanga dengan melakukan perencanaan, pengorganisasian, pelaksanaan, dan pengawasan. Adapunhambatan kepala sekolah SMA Negeri 2 Samalanga dalam pemberdayaan komite sekolah yaitu tentang hambatan dana anggaran komite dan waktunya yang tidak sesuai dengan kehadiranketika dilakukan rapat atau musyawarah serta masih sedikit kurangnya perhatian pengurus komite.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing 1 : Dr. Sri Rahmi, M.A Pembimbing 2 : Ti Halimah, S.Pd.I.,M.A
Subjects: 200 Religion (Agama) > 297 Islam > 2X7 Filsafat dan Perkembangan > 2X7.3 Pendidikan > 2X7.31 Metoda dan Sistem Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Nurlaina Fajri
Date Deposited: 11 Sep 2020 02:01
Last Modified: 11 Sep 2020 02:01
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/13947

Actions (login required)

View Item
View Item