Strategi Kepala Madrasah dalam Pemasaran Jasa Pendidikan di MAS Ruhul Islam Anak Bangsa Aceh Besar

Nelva Maulisa, 160206083 (2020) Strategi Kepala Madrasah dalam Pemasaran Jasa Pendidikan di MAS Ruhul Islam Anak Bangsa Aceh Besar. Skripsi thesis, UIN AR-RANIRY.

[img]
Preview
Text (Strategi Kepala Madrasah dalam Pemasaran Jasa Pendidikan di MAS Ruhul Islam Anak Bangsa Aceh Besar)
Nelva Maulisa, 160206083, FTK, MPI, 082351600330.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (3MB) | Preview

Abstract

Pemasaran Pendidikan adalah suatu proses transaksi yang dilakukan di Lembaga Pendidikan dengan menawarkan pelayanan dan jasa kepada konsumen. Sebelum memberikan pelayanan kepada pelanggan eksternal, kepala madrasah terlebih dahulu harus memuaskan pelanggan internalnya dengan membina hubungan yang baik kepada para personil pelanggan internal. Di MAS Ruhul Islam Anak Bangsa Aceh Besar, minat masyarakat untuk menyekolahkan anaknya di MAS Ruhul Islam Anak Bangsa tersebut dari tahun ke tahun semakin meningkat. Maka dari itu, peneliti tertarik untuk mengetahui pertama bagaimana aktivitas kepala madrasah dalam pemasaran jasa Pendidikan di MAS RIAB Aceh Besar, kedua bagaimana efektivitas pemasaran jasa Pendidikan terhadap peningkatan minat pelanggan di MAS RIAB Aceh Besar, dan ketiga bagaimana peluang dan tantangan kepala madrasah dalam pemasaran jasa Pendidikan di MAS RIAB Aceh Besar. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif. Sumber informasi dalam penelitian ini adalah Kepala Madrasah dan Waka Humas. Data dikumpulkan melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa aktivitas kepala madrasah dalam memasarkan jasa Pendidikan di MAS RIAB Aceh Besar ini yaitu dengan mengarahkan, membimbing, dan mengatur karyawan dalam persiapan proses pemasaran jasa Pendidikan. Efektivitas pemasaran jasa Pendidikan terhadap peningkatan minat pelanggan di MAS RIAB Aceh Besar adalah melakukan inovasi untuk perkembangan kualitas jasa Pendidikan, mempertahankan citra yang baik dan memberikan rasa nyaman terhadap stakeholder, menjalin komunikasi keterbukaan informasi yang ada antara kepala madrasah dengan karyawan lainnya dan pengelolaan operator yang baik serta memberikan kepuasan layanan terhadap minat pelanggan. Peluang dan tantangan dalam memasarkan jasa Pendidikan di MAS RIAB Aceh Besar yaitu meningkatkan strategi pemasaran jasa Pendidikan ke taraf yang lebih baik dan dapat memasarkan ke media internasional dengan prestasi yang dimiliki siswa sehingga menjadi daya jual yang menarik terhadap masyarakat. Dan tantangan yang dihadapi adalah keterbatasan kemampuan IT dalam memenuhi layanan pelanggan internal maupun pelanggan eksternal.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing I : Dr. Mujiburrahman, M.Ag Pembimbing II : Ti Halimah, S.Pd.I.,MA
Subjects: 200 Religion (Agama) > 297 Islam > 2X7 Filsafat dan Perkembangan > 2X7.3 Pendidikan > 2X7.31 Metoda dan Sistem Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Nelva Maulisa
Date Deposited: 11 Sep 2020 02:16
Last Modified: 11 Sep 2020 02:16
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/13948

Actions (login required)

View Item View Item
TOP