Pengelolaan Program Literasi Sekolah di SMKN 1 Al-Mubarkeya Ingin Jaya

Yuni Zistia Islamia, 160206085 (2020) Pengelolaan Program Literasi Sekolah di SMKN 1 Al-Mubarkeya Ingin Jaya. Skripsi thesis, UIN AR-RANIRY.

[thumbnail of Pengelolaan Program Literasi Sekolah di SMKN 1 Al-Mubarkeya Ingin Jaya]
Preview
Text (Pengelolaan Program Literasi Sekolah di SMKN 1 Al-Mubarkeya Ingin Jaya)
Yuni Zistia Islamia, 160206085, FTK, MPI, 082368729565.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (5MB) | Preview

Abstract

Tingkat literasi siswa di Indonesia sangat rendah berdasarkan penelitian PISA pada tahun 2012 menempati posisi ke 2 terpuruk pada peringkat 64 dari 65 negara, untuk itu dibutuhkannya suatu program yang bisa menumbuhkan minat baca bagi siswa yaitu program gerakan literasi sekolah, untuk mencapai tujuan tersebut maka diperlukannya suatu pengelolaan program literasi sekolah yang baik sehingga tujuan program literasi sekolah dapat tercapai. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tahapan pengelolaan gerakan literasi sekolah, untuk menguraikan hambatan program literasi sekolah, untuk mendeskripsikan strategi pembina dalam mengelola gerakan literasi sekolah. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif dan dianalisa dengan pendekatan kualitatif. Subjek dalam penelitian ini adalah kepala sekolah, pembina literasi dan siswa. Teknik pengumpulan data penelitian ini menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Berdasarkan hasil penelitian ini menunjukan bahwa pertama, tahapan pengelolaan program literasi sekolah yaitu (1) perencanaan program literasi sekolah yang meliputi: analisis kebutuhan program literasi sekolah, menentukan tujuan program gerakan literasi sekolah, menentukan penanggung jawab, sumber dana program literasi sekolah, sistem evaluasi program literasi sekolah. (2) pelaksanaan program gerakan literasi sekolah meliputi: literasi harian, literasi mingguan, literasi bulanan, dan literasi tahunan. (3) pengorganisasian program gerakan literasi sekolah meliputi: pembentukan tim literasi sekolah dan kerjasama. (4) monitoring dan evaluasi menggunakan model CIPP. Kedua, hambatan dalam program literasi sekolah meliputi: masih kurangnya kemauan siswa untuk melaksanakan program literasi sekolah. Ketiga, strategi pembina dalam mengelola program literasi sekolah yaitu membuat program kegiatan literasi sekolah, dan melakukan pendekatan dengan OSIS untuk mensosialisasikan literasi sekolah. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa pengelolaan program gerakan literasi sekolah sudah bagus dan telah mampu meraih juara dan menjadi perwakilan Aceh dalam ajang perlombaan FLS2N di Lampung.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan) > 371 Sekolah dan Aktivitasnya: Pendidikan luar biasa > 371.8 Siswa, Murid, Peserta didik, Anak didik
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Yuni Ziskia Islamia
Date Deposited: 11 Sep 2020 01:59
Last Modified: 11 Sep 2020 01:59
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/13949

Actions (login required)

View Item
View Item