Peran Wali Kelas Dalam Pengelolaan Problem Solving MTsN Model 1 Banda Aceh

Ragil Iqranda, 160206077 (2020) Peran Wali Kelas Dalam Pengelolaan Problem Solving MTsN Model 1 Banda Aceh. Skripsi thesis, UIN AR-RANIRY.

[img]
Preview
Text (Peran Wali Kelas Dalam Pengelolaan Problem Solving MTsN Model 1 Banda Aceh)
Ragil Iqranda, 160206077, FTK, MPI, 082274204554.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (3MB) | Preview

Abstract

Wali kelas merupakan orang yang berperan penting dan mempunyai tugas dalam pengelolaan problem solving terhadap peserta didik. Wali kelas harus mampu membuat kelas itu menjadi indah dan nyaman bagi peserta didik pada saat proses belajar mengajar agar peserta didik dapat belajar dengan semangat. Jadi wali kelas itu tidak hanya berperan sebagai mengajar akan tetapi bagaimana cara wali kelas tersebut mengelola sebuah kelas agar proses belajar mengajar dapat berjalan secara efektif dan efisien. Tujuan dari penelitian ini adalah: 1) Untuk mengetahui strategi wali kelas dalam pengelolaan problem solving di MTsN Model 1 Banda Aceh, 2) Untuk mengetahui pelaksanaan wali kelas dalam pengelolaan problem solving di MTsN Model 1 Banda Aceh, 3) Untuk mengetahui kendala-kendala yang dihadapi oleh wali kelas dalam pengelolaan problem solving di MTsN Model 1 Banda Aceh. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Subjek dalam penelitian adalah wali kelas MTsN Model 1 Banda Aceh. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah wawancara, observasi dan dokumentasi. Berdasarkan hasil penelitian ini menujukkan bahwa: 1) Strategi wali kelas dalam pengelolaan problem solving sudah berjalan dengan efektif, namun kembali lagi kepada permasalahan yang terjadi pada peserta didik, 2) Pelaksanaan wali kelas dalam pengelolaan problem solving sepenuhnya diberikan kepada wali kelas itu sendiri untuk menyelesaikan permasalahan yang terjadi pada peserta didik, namun apabila wali kelas tidak bisa menyelesaikannya maka diserahkan kepada guru bimbingan konseling, 3) Kendala yang hadapi oleh wali kelas dalam pengelolaan problem solving adalah tidak ada keterbukaan peserta didik dengan wali kelas terhadap masalah yang dihadapi, masih kurangnya kerjasama antara wali kelas dengan orang tua terhadap masalah yang dihadapi oleh peserta didik, dan masih lemahnya pendekatan yang dilakukan wali kelas terhadap peserta didik karena setiap peserta didik memiliki sifat yang berbeda.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing 1 : Muhammad Faisal, S. Ag., M. Ag. Pembimbing 2 : Nurussalami, S.Ag, M.Pd.
Subjects: 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan) > 371 Sekolah dan Aktivitasnya: Pendidikan luar biasa > 371.4 Bimbingan dan Penyuluhan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Ragil Iqranda
Date Deposited: 11 Sep 2020 02:02
Last Modified: 11 Sep 2020 02:02
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/13950

Actions (login required)

View Item View Item
TOP