Pengaruh Pengetahuan dan Sikap Terhadap Kesadaran Berperilaku Kesehatan dan Keselamatan Kerja pada Bengkel Listrik SMKN 2 Banda Aceh

Syahrial Putra, 150211039 (2020) Pengaruh Pengetahuan dan Sikap Terhadap Kesadaran Berperilaku Kesehatan dan Keselamatan Kerja pada Bengkel Listrik SMKN 2 Banda Aceh. Skripsi thesis, UIN Ar-Raniry Banda Aceh.

This is the latest version of this item.

[img]
Preview
Text (Membahas tentang kesehatan dan keselamatan kerja)
Syahrial Putra, 150211039, FTK, PTE, 082260009388.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (10MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kurangnya perhatian dari semua pihak terhadap kesehatan dan keselamatan kerja. sehingga banyak siswa yang belum sadar untuk berperilaku kesehatan dan keselamatan kerja.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pengetahuan dan sikap terhadap kesadaran berperilaku kesehatan dan keselamatan kerja pada bengkel listrik SMKN 2 Banda Aceh secara bersama-sama.
Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan pendekatan kuantitatif, penelitian deskriptif karna mencari pengaruh antara variabel independen dan depenen, penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif karena data yang dihasilkan berupa angka-angka dan analisis menggunakan statistik deskriptif. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah ex-post facto. Penelitian ini menggunkan dua variabel yaitu variabel independen dan dependen, variabel independen adalah pengetahuan dan sikap sedangkan variabel dependen adalah kesadaran berperilaku kesehtan dan keselamatan kerja. Teknik pengumpulan data menggunakan kuisioner. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas XII Jurusan Teknik Instalasi Pemanfatan Tenaga Listrik di SMKN 2 Banda Aceh yang berjumlah 23 siswa. Teknik analisis data yang digunakan adalah deskriptif dan analisis regresi berganda.
Pengujian hipotesis dengan taraf signifikasi ɑ sebesar 5% menunjukkan bahwa: (1) Tidak terdapat pengaruh positif pengetahuan terhadap kesadaran berperilaku kesehatan dan keselamatan kerja siswa kelas XII jurusan Instalasi Pmanpaatan Tenaga Listrik pada Bengkel Listrik SMKN 2 Banda Aceh dengan bukti nilai r_hitung < r_tabel (1,367 < 2,079). (2) Tidak terdapat pengaruh positif pengetahuan terhadap kesadaran berperilaku kesehatan dan keselamatan kerja siswa kelas XII jurusan Instalasi Pmanpaatan Tenaga Listrik pada Bengkel Listrik SMKN 2 Banda Aceh dengan bukti nilai r_hitung < r_tabel (1,808 < 2,079). (3) Tidak terdapat pengaruh positif pengetahuan dan sikap terhadap kesadaran berperilaku kesehatan dan keselamatan kerja siswa kelas XII jurusan Instalasi Pmanpaatan Tenaga Listrik pada Bengkel Listrik SMKN 2 Banda Aceh dengan bukti nilai F_hitung < F_tabel yaitu sebesar (1,630 < 3,49).

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing 1. Sri Wahyuni M.T 2. Mursyidin M.T
Uncontrolled Keywords: Pengaruh, Pengetahuan, Sikap, Kesadaran berperilaku Kesehtan dan Keselamatan kerja.
Subjects: 600 Technology (Applied Sciences) > 620 Engineering and Allied Operations (Ilmu Teknik dan Ilmu yang Berkaitan)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Tehnik Elektro
Depositing User: Syahrial Putra Syahrial
Date Deposited: 11 Sep 2020 02:54
Last Modified: 11 Sep 2020 02:54
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/13951

Available Versions of this Item

Actions (login required)

View Item View Item
TOP