Strategi Kepala Sekolah dalam Pengembangan Entrepreneurship di SMK Negeri 1 Pasie Raja Aceh Selatan

Harmali, 160206092 (2020) Strategi Kepala Sekolah dalam Pengembangan Entrepreneurship di SMK Negeri 1 Pasie Raja Aceh Selatan. Skripsi thesis, UIN AR-RANIRY.

[img]
Preview
Text (Strategi Kepala Sekolah dalam Pengembangan Entrepreneurship di SMK Negeri 1 Pasie Raja Aceh Selatan)
Harmali ,160206092 , FTK, MPI, 082213311160.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (3MB) | Preview

Abstract

Strategi kepala sekolah dalam pengembangan entrepreneurship dilakukan untuk meningkatkan kualitas pendidikan. Entrepreneurship merupakan tuntutan pemerintah yang harus dilaksanakan oleh seluruh Sekolah Menengah Kejuruan. Program pengembangan entrepreneurship bertujuan untuk menanamkan karakter mandiri pada siswa serta siswa harus memiliki jiwa entrepreneur. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui eksistensi program entrepreneurship, mengetahui strategi kepala sekolah dalam pengembangan entrepreneurship dan untuk mengetahui peluang dan tantang yang dihadapi kepala sekolah dalam pengembangan entrepreneurship. Jenis penelitian yang digunakan dalam penulisan skripsi ini yaitu kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Sedangkan pengumpulan data dan informasi dilakukan melalui wawancara, observasi dan dokumentasi. Subyek penelitian dalam skripsi ini yaitu kepala sekolah, guru dan siswa. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: Pertama, eksistensi program entrepreneurship memberikan dampak yang sangat baik untuk lembaga pendidikan berupa pemaksimalan anggaran dan juga memberikan pengaruh terhadap siswa, yaitu siswa memiliki jiwa entrepreneur dan mampu menciptakan lapangan kerja. Kedua, strategi yang digunakan oleh kepala sekolah dalam pengembangan entrepreneurship ini ada 3 yaitu: Pelaksanaan pengembangan program entrepreneurship, pembinaan program entrepreneurship dan evaluasi pengembangan program entrepreneurship. Ketiga, Peluang Kepala sekolah dalam Pengembangan Entrepreneurship adalah sebagai berikut : a) peningkatan mutu lulusan, b) pemasaran sekolah dan c) siswa mampu menjadi entrepreneur. Sedangkan hambatan yang dihadapi oleh kepala sekolah dalam pengembangan entrepreneurship adalah kurangnya pembiayaan dalam melakukan praktik lapangan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing I : Dr.Mujiburrahman, M.Ag Pembimbing II : Tihalimah, S.Pd.I., M.A
Subjects: 200 Religion (Agama) > 297 Islam > 2X7 Filsafat dan Perkembangan > 2X7.3 Pendidikan > 2X7.31 Metoda dan Sistem Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Harmali Harmali
Date Deposited: 11 Sep 2020 02:15
Last Modified: 11 Sep 2020 02:15
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/13953

Actions (login required)

View Item View Item
TOP