Tradisi Ureh Dan Meungui Dalam Bercocok Tanam Pada Masyarakat Desa Keude Krueng Sabee Kabupaten Aceh Jaya

Asyura, 160501075 (2020) Tradisi Ureh Dan Meungui Dalam Bercocok Tanam Pada Masyarakat Desa Keude Krueng Sabee Kabupaten Aceh Jaya. Skripsi thesis, UIN Ar-Raniry Banda Aceh.

[img]
Preview
Text (Membahas tentang Tradisi)
Asyura, 160501075, FAH, SKI, 082299490918 - Copy.pdf - Updated Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (5MB) | Preview

Abstract

Skripsi ini berjudul ”Tradisi Ureh Dan Meungui Dalam Bercocok Tanam Pada Masyarakat Desa Keude Krueng Sabee Kabupaten Aceh Jaya”. Kajian ini berfokus pada tradisi kearifan lokal masyarakat dalam bercocok tanam (tanaman padi). Tujuan penulisan ini adalah untuk mengetahui lebih dalam mengenai sejarah, prosesi pelaksanaan, dan respon masyarakat. Jenis penelitian yang digunakan, pendekatan kualitatif dengan teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi. Data dianalisis melalui pendekatan kualitatif deskriptif, dan natural setting. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tradisi ureh dan meungui adalah dua variabel yang berbeda, tetapi keduanya berkaitan dalam konteks bercocok tanam, dan pelaksaannya bersifat individual. Ureh merupakan tradisi pelindung tanaman dari serangan hama dengan bentuk pagar mistik. Meungui adalah tradisi pemuliaan padi. Tradisi ureh dipraktekkan dari masa persemaian hingga pemanenan, bentuk pelaksanaanya ada 2 (dua): (1); zimat dengan benda pengisyaratan, (2); zimatnya saja. Tradisi meungui dipraktekkan pada masa pemanenan padi pertama, dipetik 7 (tujuh) tangkai, dengan membaca petuah sebagai isyarat, karena padi dianggap layaknya anak (bayi/darabaroe). Kedua tradisi ini sudah jarang dipraktekkan, dan dianggap tidak relavan lagi, kecuali hanya pada masyarakat bagian pedalaman, untuk tradisi ureh mereka sudah menggunakan ureh bersifat “modern” yang dianggap lebih efektif dan efisien, dan untuk tradisi meungui masyarakat hanya memadai dengan praktek “ibadah” dan khanduri pade.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing 1. Dr. Phil. Abdul Manan, M. Sc., MA 2. Ruhamah, M. Ag
Uncontrolled Keywords: Tradisi, Ureh, Meungui, Bercocok Tanam, Masyarakat Keude Krueng Sabee
Subjects: 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 390 Customs, Etiquette, Folklore (Adat Istiadat, Etiket, Folklor)
Divisions: Fakultas Adab dan Humaniora > S1 Sejarah dan Kebudayaan Islam
Depositing User: Asyura Asyura
Date Deposited: 11 Sep 2020 03:51
Last Modified: 11 Sep 2020 03:51
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/13973

Actions (login required)

View Item View Item
TOP