Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) terhadap Kemampuan Penalaran Matematis Siswa SMP/MTs

Nanda Rosnita, 150205023 (2020) Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) terhadap Kemampuan Penalaran Matematis Siswa SMP/MTs. Skripsi thesis, UIN AR-RANIRY.

[thumbnail of Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) terhadap Kemampuan Penalaran Matematis Siswa SMP/MTs]
Preview
Text (Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) terhadap Kemampuan Penalaran Matematis Siswa SMP/MTs)
Nanda Rosmita, 150205023, FTK, PMA, 081260849371.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (24MB) | Preview

Abstract

Kemampuan penalaran matematis merupakan salah satu kemampuan yang harus dimiliki oleh siswa dalam mempelajari matematika. Agar dapat menganalisis setiap masalah yang muncul, memecahkan masalah dengan tepat, menilai sesuatu secara kritis dan objektif, serta dapat mengemukakan pendapat maupun idenya secara runtut dan logis. Kenyataannya, kemampuan penalaran matematis siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Ingin Jaya masih tergolong rendah, sehingga dibutuhkan suatu model pembelajaran yang dapat meningkatkan kemampuan penalaran matematis siswa yaitu model Problem Based Learning (PBL). Tujuan dari penelitian ini adalah: “untuk mengetahui kemampuan penalaran matematis siswa yang dibelajarkan dengan model pembelajaran PBL”. Rancangan penelitian menggunakan Quasi eksperimen dengan desain control group pretest-posttest design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Ingin Jaya. Pengambilan sampel dilakukan dengan menggunakan random sampling yang terpilih kelas yaitu kelas VIII C sebagai kelas eksperimen dan kelas VIII A sebagai kelas control. Adapun Pengumpulan data digunakan dengan menggunakan lembar tes kemampuan penalaran matematis. Teknik analisis data yang digunakan yaitu uji-t independent. Dari hasil penelitian diperoleh t_hitung= 4,00 dengan t_tabel=1,69 yang berarti t_hitung> t_tabel yaitu 4,00 >1,69, maka tolak H0 dan terima H1. Sehingga dapat disimpulkan bahwa kemampuan penalaran matematis siswa yang dibelajarkan menggunakan model PBL lebih baik daripada kemampuan penalaran siswa yang dibelajarkan dengan pembelajaran konvensional pada materi bangun ruang sisi datar kelas VIII SMP Negeri 2 Ingin Jaya.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing I : Drs. Lukman Ibrahim, M.Pd Pembimbing II : Zikra Hayati, S.Pd.I., M.Pd
Uncontrolled Keywords: Model Problem Based Learning (PBL), dan Kemampuan Penalaran Matematis
Subjects: 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan) > 371 Sekolah dan Aktivitasnya: Pendidikan luar biasa > 371.3 Metode Pembelajaran dan Belajar
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Matematika
Depositing User: Nanda Rosnita
Date Deposited: 11 Sep 2020 03:53
Last Modified: 11 Sep 2020 03:53
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/13976

Actions (login required)

View Item
View Item