Pengembangan Media Animasi Praktikum pada Materi Asam Basa di SMA Negeri 4 Wira Bangsa

Mutia Safira, 160208042 (2020) Pengembangan Media Animasi Praktikum pada Materi Asam Basa di SMA Negeri 4 Wira Bangsa. Skripsi thesis, UIN AR-RANIRY.

[img]
Preview
Text (Pengembangan Media Animasi Praktikum pada Materi Asam Basa di SMA Negeri 4 Wira Bangsa)
Mutia Safira, 160208042, FTK, PKM, 081263859256.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (18MB) | Preview

Abstract

Permasalahan yang ada di SMA Negeri 4 Wira Bangsa Meulaboh, Kabupaten Aceh Barat diketahui bahwa fasilitas praktikum berkenaan dengan materi asam basa tidak memadai. Bahan-bahan praktikum seperti Indikator asam basa sudah tidak layak digunakan sehingga siswa tidak dapat melakukan praktikum langsung dan proses pembelajaran masih menggunakan buku dan video yang berkenaan dengan materi asam basa. Oleh karena itu upaya yang dilakukan peneliti adalah mengembangkan media animasi praktikum pada materi asam basa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kelayakan dan respon terhadap pengembangan media animasi praktikum pada materi asam basa di SMA Negeri 4 Wira Bangsa. Rancangan pada penelitian ini adalah Research and Development (R&D). Teknik pengumpulan data menggunakan lembar validasi dan angket. Data validasi dan angket dianalisis menggunakan teknik persentase. Hasil validasi media animasi praktikum yaitu 85,41% termasuk kategori sangat layak. Hasil respon siswa diperoleh dengan persentase 53% setuju, 47% sangat setuju, 0% tidak setuju, dan 0% sangat tidak setuju. Dari hasil penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa pengembangan media animasi praktikum pada materi asam basa layak dikembangkan di SMA Negeri 4 Wira Bangsa.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing I : Ir. Amna Emda, M.Pd. Pembimbing II : Hayatuz Zakiah, M.Pd.
Uncontrolled Keywords: Pengembangan Media, Animasi Praktikum, Asam Basa
Subjects: 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan) > 371 Sekolah dan Aktivitasnya: Pendidikan luar biasa > 371.1 Guru dan Pengajaran
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Kimia
Depositing User: Mutia Safira Mutia Safira
Date Deposited: 24 Sep 2020 01:47
Last Modified: 24 Sep 2020 01:47
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/13987

Actions (login required)

View Item View Item
TOP