Pengaruh Penggunaan Media Pembelajaran Monopoli Terhadap Motivasi dan Hasil Belajar Siswa Pada Pembelajaran IPS di Kelas V MIN 29 Kabupaten Bireuen.

Maidatul Amalia, 160209097 (2020) Pengaruh Penggunaan Media Pembelajaran Monopoli Terhadap Motivasi dan Hasil Belajar Siswa Pada Pembelajaran IPS di Kelas V MIN 29 Kabupaten Bireuen. Skripsi thesis, UIN AR-RANIRY.

[img]
Preview
Text (Pengaruh Penggunaan Media Pembelajaran Monopoli Terhadap Motivasi dan Hasil Belajar Siswa Pada Pembelajaran IPS di Kelas V MIN 29 Kabupaten Bireuen.)
Maidatul Amalia, 160209097, FTK, PGMI, 082282026556.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (15MB) | Preview

Abstract

Media pembelajaran monopoli merupakan media permainan yang digunakan untuk menyampaikan atau menyalurkan pesan dalam proses pembelajaran. Namun berdasarkan hasil observasi di MIN 29 Kabupaten Bireuen, pada pembelajaran IPS guru kurang memanfaatkan penggunaan media pembelajaran dalam proses belajar mengajar, sehingga membuat siswa mudah bosan yang berakibat pada motivasi dan hasil belajar siswa yang rendah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan media pembelajaran monopoli terhadap motivasi dan hasil belajar siswa pada pembelajaran IPS. Penelitian ini menggunakan pre experimental dengan model one group pretest posttest Design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas V MIN 29 Kabupaten Bireuen, adapun sampel penelitian ini adalah kelas Va yang berjumlah 17 orang siswa dengan pemilihan sampel secara purposive sampling. Teknik pengumpulan data yang digunakan berupa tes dan angket. Hasil analisis motivasi belajar siswa diperoleh nilai rata-rata 86% tergolong dalam kategori sangat tinggi. Analisis hasil belajar siswa diperoleh thitung 10,12 dan ttabel 1,74 sehingga Ha diterima dan H0 ditolak. Penggunaan media pembelajaran monopoli dapat digunakan dalam pembelajaran IPS karena dapat meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa. Kesimpulan dari penelitian ini adalah penggaruh penggunaan media pembelajaran monopoli dapat meningkatkan motivasi dan hasil belajar pada pembelajaran IPS di kelas V MIN 29 Kabupaten Bireuen.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing I : Irwandi, S.Pd. I., MA Pembimbing II : Sri Mutia, S.Pd. I., M. Pd
Uncontrolled Keywords: Media Pembelajaran Monopoli, motivasi dan hasil belajar
Subjects: 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan) > 371 Sekolah dan Aktivitasnya: Pendidikan luar biasa > 371.1 Guru dan Pengajaran
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Maidatul Amalia
Date Deposited: 15 Sep 2020 03:04
Last Modified: 15 Sep 2020 03:04
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/13995

Actions (login required)

View Item View Item
TOP