Ekonomi dan Bisnis Islam Ekonomi Syariah Implementasi Etika Bisnis Islam (Studi Pada Industri Rumahan Kue Adee Kak Nah Di Pidie Jaya)

Nadia, 150602011 (2020) Ekonomi dan Bisnis Islam Ekonomi Syariah Implementasi Etika Bisnis Islam (Studi Pada Industri Rumahan Kue Adee Kak Nah Di Pidie Jaya). Skripsi thesis, UIN Ar- Raniry Banda Aceh.

[img]
Preview
Text
Nadia, 150602011, FEBI, ES, 082276643728.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (3MB) | Preview

Abstract

Prinsip etika bisnis Islam meliputi tauhid, adil, ikhtiar, fardh, dan ihsan. Prinsip tersebut harus diterapkan dalam bisnis contohnya industri rumahan Kue Adee. Kue Adee Kak Nah merupakan salah satu industri rumahan Kue Adee yang paling terkenal dan sudah lama berkembang di Pidie Jaya dan sudah memiliki label halal, dan terus meningkatkan hasil produksi yang jujur dengan mengandalkan bahan baku lokal, halal dan higienis. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan etika bisnis Islam di industri rumahan Kue Adee Kak Nah. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif analisis dengan pendekatakan kualitatif. Penelitian ini menggunakan data primer, dengan teknik pengumpulan data wawancara, observasi. Sedangkan teknik analisis data peneliti menggunakan teknik analisis data kualitatif yang dikembangkan Miles dan Huberman yaitu reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan atau verifikasi. Berdasarkan hasil penelitian menyatakan bahwa prinsip-prinsip etika bisnis Islam seperti tauhid pada hal keagamaan seperti misalnya Kue Adee Kak Nah memberikan waktu khusus untuk karyawan dalam mengerjakan shalat pada waktu khusus shalat, konsep adil dalam hal menjaga mutu barang, menjaga kualitas barang, sudah mendapat sertifikat halal dari MPU dan memberikan upah kepada karyawan sudah sesuai dengan etika bisnis Islam, konsep ikhtiar dalam hal menjual produk dengan harga yang sama dengan penjual lainnya, konsep fard industri rumahan Kue Adee Kak Nah menerima keluhan pelanggan dari konsumen agar konsumen puas terhadap Kue Adee Kak Nah dan konsep ihsan seperti memberikan kelonggaran waktu kepada pihak yang berhutang baik dari segi karyawan maupun pembeli.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: pembimbing 1. Dr. Azharsyah, SE.Ak, M.S.O.M 2. Ana Fitria, M.Sc
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci: Etika Bisnis Islam, Prinsip Tauhid, Prinsip Adil, Prinsip Ikhtiar, Prinsip Ihsan, Prinsip Fard, Kue Adee Kak Nah.
Subjects: 200 Religion (Agama) > 297 Islam > 2X6 Sosial dan Budaya > 2X6.3 Ekonomi
200 Religion (Agama) > 297 Islam > 2X6 Sosial dan Budaya > 2X6.3 Ekonomi > 2X6.311 Upah
200 Religion (Agama) > 297 Islam > 2X6 Sosial dan Budaya > 2X6.3 Ekonomi > 2X6.312 Pekerja
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > S1 Ekonomi Syariah
Depositing User: Nadia 150602011
Date Deposited: 18 Sep 2020 02:38
Last Modified: 18 Sep 2020 02:38
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/14016

Actions (login required)

View Item View Item
TOP