Penerapan Metode Pembelajaran Make A Match dalam Meningkatkan Hasil Belajar Fiqh Siswa MTsN 2 Aceh Besar

Rahma Jayanti, 150201052 (2020) Penerapan Metode Pembelajaran Make A Match dalam Meningkatkan Hasil Belajar Fiqh Siswa MTsN 2 Aceh Besar. Skripsi thesis, UIN Ar-Raniry Banda Aceh.

[thumbnail of Membahas Tentang Penerapan Metode Pembelajaran Make A Match dalam Meningkatkan Hasil Belajar]
Preview
Text (Membahas Tentang Penerapan Metode Pembelajaran Make A Match dalam Meningkatkan Hasil Belajar)
Rahma Jayanti, 150201052, FTK, PAI, 082370689419.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (9MB) | Preview

Abstract

Rendahnya hasil belajar siswa di MTsN 2 Aceh Besar cenderung diakibatkan oleh pembelajaran yang berlangsung secara monoton dengan ceramah dan diskusi. sehingga menyebabkan minat belajar siswa menjadi kurang, dan pemahaman konsep pada suatu bahasan materi menjadi sulit. Dengan demikian, diperlukan suatu penerapan metode make a match yang diprediksi dapat memancing kreativitas siswa dan menguji daya serap materi yang disampaikan. Tujuan penelitian ini adalah (1) untuk mengetahui pengaruh penerapan make a match terhadap hasil belajar siswa pada pembelajaran fiqh, dan (2) untuk mengetahui respon siswa terhadap metode pembelajaran make a match. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen quasi dengan design penelitian one group pretest dan posttest. Populasi pada penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII MTsN 2 Aceh Besar, yang terdiri dari 222 siswa dan dibagi menjadi 7 kelas. Sampel yang digunakan pada penelitian ini adalah kelas VIII-4. Pengumpulan data menggunakan teknik pretest dan posttest, serta angket respon siswa. Analisis data menggunakan uji t Independent Samples Test yang dibantu dengan software SPSS 20 for windows untuk data hasil belajar, rumus persentase dan rumus penskoran untuk respon siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) penerapan metode pembelajaran make a match berpengaruh dalam meningkatkan hasil belajar siswa dengan menggunakan uji statistik yang menunjukkan nilai sig.(2-tailed) sebesar 0,000 < 0,05 atau h 0 ditolak, dan (2) hasil respon siswa berada pada kategori sangat baik (80%) dan kategori baik (20%). Ini menunjukkan bahwa siswa sangat antusias pada saat berlangsungnya belajar dengan menggunakan metode make a match karena tidak ada yang menyatakan kurang baik atau tidak baik

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing 1. Dra. Mustabsyirah M. Husein, M.Ag 2. Realita, S.Ag., M.Ag
Uncontrolled Keywords: Metode Make A Match, Hasil Belajar
Subjects: 200 Religion (Agama) > 297 Islam
200 Religion (Agama) > 297 Islam > 2X7 Filsafat dan Perkembangan > 2X7.3 Pendidikan > 2X7.31 Metoda dan Sistem Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Rahma Jayanti Rahma
Date Deposited: 15 Sep 2020 02:27
Last Modified: 15 Sep 2020 02:27
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/14022

Actions (login required)

View Item
View Item