Model Manajemen Kelas di TK IT Al-Azhar Lamgugop Banda Aceh

Nurmila, 271324699 (2017) Model Manajemen Kelas di TK IT Al-Azhar Lamgugop Banda Aceh. Skripsi thesis, UIN Ar-Raniry Banda Aceh.

[thumbnail of Membahas tentang model manajemen kelas.]
Preview
Text (Membahas tentang model manajemen kelas.)
NURMILA.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (4MB) | Preview

Abstract

Manajemen kelas merupakan suatu keterampilan guru sebagai seorang leader dalam menciptakan iklim kelas yang kondusif untuk meraih keberhasilan kegiatan belajar mengajar. Di dalam manajemen kelas terdapat model-model pengelolaan kelas yaitu, model humanistik, demokratik, behavioristik, dan kontruktifis. Tujuan penelitian dalam skripsi ini adalah untuk mengetahui model manajemen kelas, proses pengelolaan kelas dan kendala yang dihadapi dalam pengelolaan kelas. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif. Subjek penelitian adalah wakil kepala sekolah, guru wali kelas B1 dan guru kelas B1. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi dan dokumentasi. Analisis data dalam penelitian ini terdapat tiga tahap yaitu, reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pengelolaan kelas dilakukan dengan pseudo model yaitu model semu dimana para guru hanya menggunakan beberapa strategi yang ada dalam setiap model manajemen kelas karena beberapa sebab diantaranya, faktor usia murid yang belum sesuai dengan model yang diterapkan dan karakter anak yang masih belum mengetahui dan memahami apa yang dikerjakannya. Selanjutnya proses pengelolaan kelas yang dilakukan oleh guru yaitu dengan model humanistik. Kendala yang terkait dengan manajemen kelas yaitu: pertama, ketika guru sedang menjelaskan atau menyampaikan materi pelajaran, ada anak yang tidak sabar dalam bertanya sehingga anak tidak menunggu guru selesai menjelaskan, hal ini dapat mengakibatkan guru tidak dapat menyampaikan materi dengan baik. Kedua, sumber daya manusia (SDM) guru, dengan adanya kendala diatas maka guru juga menjadi kendala dalam pengelolaan kelas karena belum bisa mengelola interaksi belajar dengan murid. Ketiga, menciptakan suasana kelas yaitu ketika anak mulai bosan dan jenuh dalam belajar maka guru harus lebih kreatif lagi dalam mengajar sehingga anak tetap semangat dalam melanjutkan aktifitas belajar.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: 1. Fatimah Ibda, M.Si; 2. Mumtazul Fikri, MA
Uncontrolled Keywords: Model, Manajemen Kelas
Subjects: 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: 271324699 Nurmila
Date Deposited: 27 Oct 2017 08:17
Last Modified: 27 Oct 2017 08:17
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/1403

Actions (login required)

View Item
View Item