Analisis Kualitas Butir Soal Ujian Semester Ganjil Pada Mata Pelajaran Pendidikan Kewarganegaraan Kelas V MI

Afrida, 160209048 (2020) Analisis Kualitas Butir Soal Ujian Semester Ganjil Pada Mata Pelajaran Pendidikan Kewarganegaraan Kelas V MI. Skripsi thesis, UIN Ar-Raniry Banda Aceh.

[thumbnail of Kualitas Butir Soal Ujian]
Preview
Text (Kualitas Butir Soal Ujian)
Afrida, 160209048, FTK, PGMI, 085227558650.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (1MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kualitas soal ujian semester ganjil pada Mata Pelajaran Pendidikan Kewarganegaraan kelas V MIN 9 Lambhuk Banda Aceh yang dilihat dari segi tingkat kesukaran validitas, reliabilitas dan daya pembeda soal. Penelitian ini merupakan penelitian evaluasi dengan pendekatan kuantitatif. Subjek penelitian adalah seluruh siswa kelas V yang berjumlah 22 orang siswa yang mengikuti ujian. Objek penelitiannya adalah soal ujian akhir semester ganjil, dan jawaban siswa. Data diperoleh dengan metode dokumentasi yaitu : soal ujian dan lembar jawaban siswa. Data kemudian dianalisis dengan program perangkat lunak Microsoft excel untuk mengetahui nilai validitas, reliabilitas, dan daya pembeda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Berdasarkan analisis uji validitas butir soal ujian yang valid berjumlah 28 butir (82%) sedangkan yang tidak valid 6 butir (17%). (2) Berdasarkan analsisis uji reliabilitas, butir soal ujian semester ganjil mendapatkan hasil reliabilitas sangat tinggi yaitu 2,029043544. (3) Berdasarkan analisis daya pembeda, Butir soal ujian semester ganjil termasuk tidak baik, karena butir soal ini lebih banyak dijawab oleh kelompok bawah dibandingkan dengan jawaban kelompok atas yang memiliki hasil (-0,09) diskriminasi. Butir- butir soal yang baik adalah butir soal yang mempunyai indeks diskriminasi (0,40 – 1,00). Keseluruhan butir soal ujian semester ganjil pada Mata Pelajaran Pendidikan Kewarganegaraan kelas V MIN 9 Lambhuk Banda Aceh termasuk soal yang mudah dan memiliki reliabilitas diskriminasi sangat tinggi tetapi memiliki daya pembeda yang tidak baik.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing 1. Yuni Setia Ningsih, S. Ag., M.Ag 2. Raihan Permata Sari, M.Pd.I
Uncontrolled Keywords: Analisis, Kualitas Soal, Pendidikan Kewarganegaraan
Subjects: 200 Religion (Agama) > 297 Islam > 2X7 Filsafat dan Perkembangan > 2X7.3 Pendidikan
200 Religion (Agama) > 297 Islam > 2X7 Filsafat dan Perkembangan > 2X7.3 Pendidikan > 2X7.31 Metoda dan Sistem Pendidikan
300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan) > 372 Pendidikan dasar
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Afrida Afrida
Date Deposited: 16 Sep 2020 03:32
Last Modified: 16 Sep 2020 03:32
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/14046

Actions (login required)

View Item
View Item