Model Pembelajaran Al-Qur’an di Bait Qur’any Saleh Rahmany Banda Aceh

Nisfun Nahar, 140201013 (2020) Model Pembelajaran Al-Qur’an di Bait Qur’any Saleh Rahmany Banda Aceh. Skripsi thesis, UIN Ar-Raniry.

[thumbnail of Membahas Tentang  Model pembelajaran Al-Qur’an di Bait Qur’any Saleh Rahmany]
Preview
Text (Membahas Tentang Model pembelajaran Al-Qur’an di Bait Qur’any Saleh Rahmany)
Nisfun Nahar, 140201013, FTK, PAI, 085260220680.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (7MB) | Preview

Abstract

Model pembelajaran merupakan suatu perencanaan atau suatu pola yang digunakan sebagai pedoman dalam merencanakan pembelajaran di kelas. Di Bait Qur’any Saleh Rahmany Banda Aceh, para santri sulit dalam pembelajaran Al-Qur’an apalagi tentang persoalan hafalan dengan model biasa seperti qiraati, talaqi, dan baghdadiyah. Tujuan penelitian dalam skripsi ini adalah untuk mengetahui model dan pelaksanaan pembelajaran Al-Qur’an di Bait Qur’any Saleh Rahmany Banda Aceh. Metode yang dilakukan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif. Dalam pengumpulan data dilakukan dengan dengan teknik observasi, wawancara, dan angket. Adapun hasil penelitian yang peneliti dapatkan ialah: Dalam proses pelaksanaaan pembelajaran Al-Qur’an dapat ditempuh dengan tiga model utama yaitu: model jarimatika, model kinestetik dan model terapan ilmu tajwid. Pelaksanaan ketiga model pembelajaran tersebut sangat mendukung hafalan dan ingatan santri dalam membaca dan menghafal Al-Qur’an. Dalam penyampaian materi bacaan hafalan Al-Qur’an kepada santri terdapat tiga metode yang bervariasi yaitu: metode qira’at i, baghdadiyah dan talaqqi. Yang menjadi kendala dalam pembelajaran Al-Qur’an di Bait Qur’any Shaleh Rahmany Banda Aceh yaitu susah mengatur santri yang super aktif, kurangnya komunikasi antar guru dan santri ketika di dalam kelas, dan kekurangan waktu dalam menerapkan model pembelajaran. Adapun keberhasilan dalam pembelajaran menghafal AlQur’an juga dipengaruhi oleh beberapa faktor yaitu: a) Faktor internal, yaitu terdapat dalam diri santri baik itu bakat, minat, motivasi dan kecerdasan. b) Faktor eksternal, yaitu terdapat dari luar santri seperti adanya dukungan dari orang tuanya, guru dan lingkungannya

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing 1. Dr. Husnizar, M. Ag 2. Syafruddin, M, Ag
Uncontrolled Keywords: Model Pembelajaran, Al-Qur’an
Subjects: 200 Religion (Agama)
200 Religion (Agama) > 297 Islam > 2X7 Filsafat dan Perkembangan > 2X7.3 Pendidikan > 2X7.31 Metoda dan Sistem Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Nisfun Nahar Nisfun
Date Deposited: 17 Sep 2020 04:19
Last Modified: 17 Sep 2020 04:19
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/14058

Actions (login required)

View Item
View Item