Implementasi E-auction Pada Pelelangan Objek Jaminan Milik Perbankan Dalam Perspektif Bai' Al-Muzayadah (Studi Kasus Pada Kantor Pelayanan Kekayaan Negara dan Lelang Banda Aceh)

Dara Ratu Syahdu, 160102099 (2020) Implementasi E-auction Pada Pelelangan Objek Jaminan Milik Perbankan Dalam Perspektif Bai' Al-Muzayadah (Studi Kasus Pada Kantor Pelayanan Kekayaan Negara dan Lelang Banda Aceh). Skripsi thesis, UIN AR-RANIRY.

[thumbnail of Skripsi ini membahas tentang E-auction yaitu sebuah jual beli lelang yang diterapkan menggunakan aplikasi berbasis internet. Skripsi ini juga membahas tentang kesesuaian antara penerapan e-auction dan juga bai' al-muzayadah (lelang)berdasarkan hukum Islam]
Preview
Text (Skripsi ini membahas tentang E-auction yaitu sebuah jual beli lelang yang diterapkan menggunakan aplikasi berbasis internet. Skripsi ini juga membahas tentang kesesuaian antara penerapan e-auction dan juga bai' al-muzayadah (lelang)berdasarkan hukum Islam)
Dara Ratu Syahdu, 160102099, FSH, HES, 085212904083.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK
Nama : Dara Ratu Syahdu
NIM : 160102099
Fakultas/Prodi : Syariah dan Hukum/HES
Judul : Implementasi e-auction pada Pelelangan Objek Jaminan Milik Perbankan dalam Perspektif Bai’ al-Muzāyadah (Studi Kasus Pada Kantor Pelayanan Kekayaan Negara dan Lelang Banda Aceh)
Tanggal Sidang : 6 Juli 2020
Tebal Skripsi : 72 Halaman
Pembimbing I : Drs. Jamhuri, MA
Pembimbing II : Yenny Sri Wahyuni, S.H., M.H
Kata Kunci : e-auction, pelelangan, Bai’ al-Muzāyadah

Jual beli muzāyadah adalah transaksi jual beli pada tempat yang ramai antara penjual dengan menawarkan barang kepada beberapa pembeli yang saling mengajukan penawaran harga tertinggi. Jual beli muzāyadah yang diterapkan saat ini disebut dengan lelang. KPKNL Banda Aceh merupakan instansi yang menerapkan jual beli lelang dengan memanfaatkan kemajuan teknologi sebagai sarana pelaksanaan melalui internet yaitu e-auction. Dalam pelaksanaan e-auction tidak menghadirkan penjual dan pembeli pada tempat yang sama. E-auction memiliki dua sistem penawaran yaitu open bidding dilakukan secara terbuka sehingga penjual maupun pembeli saling mengetahui jumlah penawaran dan closed bidding yang bersifat tertutup sehingga penjual dan pembeli tidak saling mengetahui jumlah penawaran. Salah satu objek yang dilelang oleh KPKNL Banda Aceh yaitu objek jaminan milik perbankan. Perbankan selaku penjual melibatkan KPKNL Banda Aceh sebagai perantara dalam pelaksanaan lelang. Fokus penelitian skripsi ini adalah bagaimana mekanisme perjanjian antara penjual dan KPKNL Banda Aceh dalam melaksanakan lelang melalui internet (e-auction), bagaimana sistem e-auction yang dilakukan oleh KPKNL Banda Aceh dalam melakukan pelelangan objek jaminan milik perbankan, bagaimana perspektif jual beli muzāyadah terhadap sistem penawaran closed bidding pada ¬e-auction. Penelitian ini merupakan normatif empiris dengan mengkaji norma-norma jual beli dalam muzāyadah dengan praktek pelelangan yang ada pada KPKNL Banda Aceh. Kesimpulan yang dihasilkan dari penelitian ini adalah kehadiran penjual dan pembeli pada pelaksanaan jual beli muzāyadah disesuaikan melalui website e-auction dengan mempertemukan keduanya saat pelaksanaan lelang. Karakteristik objek lelang dilampirkan oleh KPKNL Banda Aceh pada website e-auction sesuai dengan dokumen yang diserahkan penjual. Adapun ketidaktahuan terhadap jumlah penawaran secara closed bidding pada e-auction dapat diketahui oleh penjual dan pembeli saat penayangan risalah lelang oleh pejabat lelang.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 340 Law/Ilmu Hukum
Depositing User: Ratu Ratu Syahdu Dara
Date Deposited: 16 Sep 2020 03:42
Last Modified: 16 Sep 2020 03:42
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/14065

Actions (login required)

View Item
View Item