Supervisi Kepala Sekolah Dalam Peningkatan Profesionalisme Guru Di SMAN 2 Meulaboh Aceh Barat

Tya Moudina, 160206089 (2020) Supervisi Kepala Sekolah Dalam Peningkatan Profesionalisme Guru Di SMAN 2 Meulaboh Aceh Barat. Skripsi thesis, UIN Ar-Raniry Banda Aceh.

[thumbnail of Membahas tentang Supervisi Kepala Sekolah]
Preview
Text (Membahas tentang Supervisi Kepala Sekolah)
Tya Moudina, 160206089, FTK, MPI, 082369489246.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (2MB) | Preview

Abstract

Supervisi kepala sekolah dalam peningkatan profesionalisme guru merupakan salah satu peran kepala sekolah yang harus dilaksanakan oleh kepala sekolah dalam mengawasi, membina, dan membimbing guru untuk meningkatkan profesionalismenya. Karena terdapat beberapa orang guru yang perangkat pembelajarannya belum lengkap, seperti RPP, materi kurang sesuai dengan silabus, tidak menggunakan media pembelajaran. Oleh karena itu kegiatan supervisi sangat penting dilakukan. Tujuan penelitian dalam skripsi ini adalah untuk mengetahui teknik-teknik supervisi kepala sekolah dalam peningkatan profesionalisme guru di SMAN 2 Meulaboh Aceh Barat, untuk mengetahui model pengembangan profesionalisme dalam peningkatan profesionalisme guru di SMAN 2 Meulaboh Aceh Barat, dan untuk mengetahui Kendala supervisi kepala sekolah dalam peningkatan profesionalisme guru di SMAN 2 Meulaboh Aceh Barat. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini ialah kualitatif dengan metode penelitian deskriptif kualitatif. Subjek penelitian adalah kepala sekolah dan dua orang guru. Teknik pengumpulan data penelitian ini adalah menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: Pertama, supervisi dilakukan sebanyak dua kali dalam satu semester, yaitu di awal dan akhir semester. Kedua, jenis supervisi yang digunakan ialah supervisi akademik dan supervisi klinis. Ketiga, Teknik yang digunakan yaitu: Kunjungan kelas, observasi kelas, pertemuan individu, rapat dengan guru, diskusi, lokakarya (workshop). Model pengembangan profesionalisme dalam peningkatan profesionalisme guru di SMAN 2 Meulaboh Aceh Barat antara lain, Pertama, Menulis karya ilmiah, penataran, program pemberdayaan MGMP (Musyawarah Guru Mata Pelajaran), sertifikasi, supervisi. Kedua, pengembangan profesionalisme guru di SMAN 2 meulaboh Aceh barat menggunakan dana dari alokasi dana pemerintah. Kendala supervisi kepala sekolah dalam peningkatan profesionalisme guru di SMAN 2 Meulaboh Aceh Barat antara lain, Pertama, waktu. Para guru masih kurang dalam hal disiplin waktu. Kedua, masih ada guru yang kurang menguasai bidang tertentu. Ketiga, sarana dan prasarana yang kurang memadai.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing 1. Dr. Ismail Anshari, MA 2. Dra. Cut Nya Dhin, M. Pd
Uncontrolled Keywords: Supervisi Kepala Sekolah, Profesionalisme guru
Subjects: 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan) > 371 Sekolah dan Aktivitasnya: Pendidikan luar biasa > 371.1 Guru dan Pengajaran
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Tya Moudina
Date Deposited: 14 Oct 2020 03:44
Last Modified: 14 Oct 2020 03:44
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/14080

Actions (login required)

View Item
View Item