Sistem Pembiayaan Perumahan Bersubsidi dalam Perspektif Hukum Islam (Suatu Penelitian Tentang Transaksi Murabahah untuk Rumah Subsidi pada Bank BTN Syari’ah Cabang Banda Aceh)

Ridha Kasrita, 160102185 (2020) Sistem Pembiayaan Perumahan Bersubsidi dalam Perspektif Hukum Islam (Suatu Penelitian Tentang Transaksi Murabahah untuk Rumah Subsidi pada Bank BTN Syari’ah Cabang Banda Aceh). Skripsi thesis, UIN Ar-Raniry Banda Aceh.

[img]
Preview
Text (Pembiayaan rumah subsidi perspektif Islam)
Ridha Kasrita, 160102185, FSH, HES, 082277476614.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (5MB) | Preview

Abstract

Pembiayaan murabahah pada bank syariah dapat digunakan untuk memenuhi kebutuhan konsumtif nasabah debitur, di antaranya untuk pembiayaan KPR subsidi, yang mekanisme penyalurannya dilakukan oleh manajemen BTN syari’ah Cabang Banda Aceh berdasarkan ketentuan yang telah ditetapkan oleh pemerintah melalui Kementerian PUPR cq Dinas PUPR Aceh. Pembiayan KPR subsidi ini diperuntukkan bagi masyarakat yang berpenghasilan menengah ke bawah yang belum memiliki rumah yang layak, Dalam penelitian variabel yang menjadi fokus pembahasan adalah tentang mekanisme subsidi yang diberikan pemerintah dengan permasalahan yaitu bagaimana implementasi subsidi yang dilakukan oleh manajemen BTN Syari’ah Cabang Banda Aceh pada pembiayaan perumahan, pengaruh rate margin dan bagaimana perspektif hukum Islam terhadap pembiayaan dengan sistem subsidi pada BTN Syari’ah Cabang Banda Aceh. Jenis penelitian yang digunakan yaitu kualitaif, teknik pengumpulan data primer dilakukan dengan wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembiayaan subsidi hanya diberikan untuk masyarakat yang kurang mampu secara finansial, karena pengahisilannya rendah dan belum pernah menerima subsidi dari pemerintah. Implementasi pembiayaan subsidi yang dilakukan oleh manajemen BTN Syari’ah Cabang Banda Aceh mengacu pada ketentuan Kementerian PUPR No. 26/PRT/M/2016 dan PP No. 64 tahun 2016 tentang pembangunan rumah MBR yang diteliti kelayakannya sebagai nasabah debitur melalui mekanisme yang ditetapkan OJK. Subsidi yang diberikan pemerintah tidak mempengaruhi rate margin yang diperoleh oleh pihak BTN Syari’ah, karena hanya subidi bantuan uang muka (SBUM). Dalam perspektif hukum Islam transaksi pembiayaan murabahah yang dilakukan oleh pihak BTN Syari’ah sah, karena telah memenuhi rukun dan syarat dari pembiayaan murabahah serta tidak ada indikasi taghrir yang dapat mempengaruhi keabsahan akad yang dilakukan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing : 1. Dr. Muhammad Maulana, M.Ag 2. Riadhus Sholihin, M.H
Uncontrolled Keywords: Sistem Pembiayaan, Perumahan Subsidi, Rate Margin
Subjects: 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi)
300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 330 Economics (Ilmu Ekonomi)
300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 340 Law/Ilmu Hukum
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > S1 Hukum Ekonomi Syariah
Depositing User: Ridha Kasrita Ridha
Date Deposited: 18 Sep 2020 02:26
Last Modified: 18 Sep 2020 02:26
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/14085

Actions (login required)

View Item View Item
TOP