Konsistensi Mahasiswi Berbusana Syar‘i di dalam dan di Luar Kampus

Yuni Marsita, 150305009 (2020) Konsistensi Mahasiswi Berbusana Syar‘i di dalam dan di Luar Kampus. Skripsi thesis, UIN Ar-Raniry Banda Aceh.

[img]
Preview
Text (Konsisten berbusana syar'i)
Yuni Marsita, 150305009, FUF, SA, 082272744462.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (3MB) | Preview

Abstract

Busana syar‘i adalah baju longgar yang di pakai oleh wanita untuk menutupi tubuhnya dari kepala hingga ke kakinya. Pada zaman modern sekarang ini dalam kehidupan sering menggiring wanita untuk berpakaian muslimah, tidak jarang banyak dijumpai saat ini mahasiswi-mahasiswi yang berpakaian syar‘i didalam kampus dan sekarang sudah jadi tren dengan keindahan hijab syar‘i. Islam merupakan agama yang mempunyai aturan-aturan tertentu dalam mengatur seluruh aspek-aspek kehidupan manusia, didalamnya terdapat beberapa aturan-aturan hukum yang mengatur masalah-masalah yang ada di dalam kehidupan manusia, mana yang baik maupun yang buruk, begitu juga dengan masalah pakaian, baik terhadap laki-laki maupun perempuan. Mengingat UIN Ar-Raniry merupakan Universitas Islam yang tidak hanya mewarisi ilmu-ilmu Islam, namun juga menciptakan generasi yang berakhlakul kharimah didalam dan diluar kampus. Pokok bahasan skripsi ini adalah bagaimana berbusana yang konsisten bagi mahasiswa/i dalam perkarangan kampus dan di luar kampus bahwa tubuh perempuan merupakan perhiasan yang harus dijaga karena tubuh perempuan merupakan sumber fitnah, dari gangguan dan kaum laki-laki. Penelitian yang digunakan merupakan Field Research. Untuk menganalisis data penulis menggunakan metode pendekatan kualitatif karena untuk menekan sifat realitas yang terbangun secara sosial dengan hubungan yang erat antara peneliti dan subjek yang diteliti. Selain itu, pendekatan kualitatif juga lebih mudah apabila berhadapan dengan kenyataan ganda, metode ini menyajikan secara langsung hakikat hubungan antar peneliti dan informan. Penelitian ini bersifat deskriptif dan teknik pengumpulan data yang digunakan untuk memperoleh data yang konkrit, penelitian ini menggunakan beberapa teknik dalam pengumpulan data yaitu dengan cara observasi, dan wawancara terstruktur. Setelah melakukan penelitian terhadap Konsistensi Mahasiswi Berbusana Syar‘i di Dalam dan di Luar Kampus tersebut, dapat disimpulkan bahwasannya sebahagian mahasiswa/i berbusana syar‘i di dalam hanya mengikuti peraturan yang ditetapkan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing 1. Zuherni. AB, M.Ag 2. Arfiansyah, S.Fil.I., MA
Uncontrolled Keywords: Konsistensi, Mahasiswa, Berbusana Syar‘i
Subjects: 200 Religion (Agama) > 204 Pengalaman, Hidup, Praktik keagamaan
300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 301 Sosiologi dan antropologi
300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 302 Interaksi sosial > 302.4 Interaksi sosial antar kelompok
Divisions: Fakultas Ushuluddin dan Filsafat > S1 Sosiologi Agama
Depositing User: Yuni Marsita Yuni
Date Deposited: 18 Sep 2020 02:48
Last Modified: 18 Sep 2020 02:48
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/14087

Actions (login required)

View Item View Item
TOP