Penerapan Model Problem Based Learning (PBL) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Psikomotor Pada Materi Usaha Dan Energi Di MAN 2 Aceh Selatan

Ulfa Fitriya, 140204154 (2019) Penerapan Model Problem Based Learning (PBL) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Psikomotor Pada Materi Usaha Dan Energi Di MAN 2 Aceh Selatan. Skripsi thesis, UIN Ar-Raniry Banda Aceh.

[thumbnail of Penerapan Model Problem Based Learning (PBL) Untuk  Meningkatkan Hasil Belajar Psikomotor Pada Materi Usaha Dan Energi]
Preview
Text (Penerapan Model Problem Based Learning (PBL) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Psikomotor Pada Materi Usaha Dan Energi)
Ulfa Fitriya, 140204154, FTK, PFS, 082273056088.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (7MB) | Preview

Abstract

Tercapainya sebuah pembelajaran tentunya harus didukung oleh pemilihan metode dan model pembelajaran yang diterapkan kepada peserta didik dalam proses pembelajaran. Salah satu penyebab rendahnya hasil belajar psikomotor peserta didik dalam pembelajaran fisika disebabkan oleh peserta didik kurang terlibat aktif dalam pembelajaran dan model pembelajaran yang diterapkan pendidik dikelas kurang efektif. Oleh karena itu untuk meningkatkan hasil belajar psikomotor peserta didik maka diterapkan model pembelajaran Problem Based Learning. Tujuan dari penelitian ini adalah (1) untuk mengetahui penerapan model Problem Based Learning (PBL) dapat meningkatkan hasil belajar psikomotor pada materi usaha dan energi di MAN 2 Aceh Selatan. (2) Untuk mengetahui respon peserta didik terhadap model problem based learning (PBL) dalam meningkatkan hasil belajar psikomotor pada materi usaha dan energi di MAN 2 Aceh Selatan. Rancangan dalam penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK). Penelitian ini bersifat daur atau bersiklus, setiap siklus meliputi planning (rencana). Sampel dalam penelitian ini adalah kelas XI MIA1 dengan jumlah peserta didik 24 peserta didik. Data yang diperoleh melalui angket dan respon peserta didik. Dari analisis angket dan respon peserta didik menunjukkan bahwa penerapan model Problem Based Learning (PBL) dapat meningkatkan hasil belajar psikomotor pada materi usaha dan energi di MAN 2 Aceh Selatan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: 1. Gunawati 2. Rahmati, M.Pd
Uncontrolled Keywords: Penerapan, Problem Based Learning (PBL), Hasil Belajar Psikomotor.
Subjects: 500 Sciences (Ilmu Pengetahuan Alam dan Matematika) > 530 Physics (Fisika)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Fisika
Depositing User: Ulfa Fitriya
Date Deposited: 21 Sep 2020 03:46
Last Modified: 21 Sep 2020 03:46
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/14104

Actions (login required)

View Item
View Item