Ritual Menyambut Bulan Suro pada Masyarakat Jawa di Kampung Bumi Ayu Kecamatan Timang Gajah Kabupaten Bener Meriah

Wulan Selviana, 160501009 (2020) Ritual Menyambut Bulan Suro pada Masyarakat Jawa di Kampung Bumi Ayu Kecamatan Timang Gajah Kabupaten Bener Meriah. Skripsi thesis, UIN AR-RANIRY.

[img]
Preview
Text (Ritual Menyambut Bulan Suro pada Masyarakat Jawa di Kampung Bumi Ayu Kecamatan Timang Gajah Kabupaten Bener Meriah)
Wulan Selviana, 160501009, FAH, SKI, 082277328012.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (2MB) | Preview

Abstract

Skripsi ini berjudul “Ritual Menyambut Bulan Suro pada Masyarakat Jawa di Kampung Bumi Ayu Kecamatan Timang Gajah Kabupaten Bener Meriah”. Yang bertujuan untuk mengetahui bagaimana masyarakat Jawa di Kampung Bumi Ayu masih mempraktekan ritual bulan Suro, dan prosesi ritual bulan Suro, makna yang terkandung dalam ritual bulan Suro, serta Ingin melihat respon Masyarakat terhadap ritual bulan Suro di Kampung Bumi Ayu. Metode yang dimanfaatkan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif yaitu dengan menggunakan teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dokumentasi. Adapun hasil penelitian menunjukan bahwa ritual bulan Suro masih dilakukan oleh masyarakat Kampung Bumi Ayu. Ritual bulan Suro yang dilaksanakan setiap tahunnya ketika memasuki bulan Muharram di mana masyarakat Kampung Bumi Ayu mengadakan kenduri Tolak bala di jalan persimpangan yang sudah menjadi tempat untuk melaksanakan ritual bulan Suro, ada beberapa tahap untuk melaksanakan ritual bulan Suro yaitu tahap persiapan, pelaksanaan dan penutup. Makna dan simbol yang terkadung dalam ritual ini dapat dilihat dari serangkaian acara dari kenduri Tolak bala sampai acara kesenian di mana mesyarakat beranggapan bahwa ketika memasuki bulan Suro banyak larangan dan pantangan yang harus dijaga berasal dari mitos yang berkembang di masyarakat berubah menjadi kepercayaan yang diyakini akan kebenaranya dan respon masyarakat terhadap ritual bulan Suro ini sangat mendukung dengan baik, maka dari itu ritual bulan Suro selalu dilakukan setiap tahunnya.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 200 Religion (Agama) > 297 Islam > 2X6 Sosial dan Budaya > 2X6.9 Adat Istiadat
Divisions: Fakultas Adab dan Humaniora > S1 Sejarah dan Kebudayaan Islam
Depositing User: Wulan selviana Wulan
Date Deposited: 18 Sep 2020 03:46
Last Modified: 18 Sep 2020 03:46
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/14108

Actions (login required)

View Item View Item
TOP