Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Student Team Achivement Divisions (STAD) terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa MTsN 2 Aceh Besar

Wasrizalna, 140205123 (2020) Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Student Team Achivement Divisions (STAD) terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa MTsN 2 Aceh Besar. Skripsi thesis, UIN AR-RANIRY.

[thumbnail of Penerapan Model Pembelajaran  Kooperatif Tipe Student    Team Achivement Divisions (STAD) terhadap Hasil  Belajar Matematika Siswa MTsN 2 Aceh Besar]
Preview
Text (Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Student Team Achivement Divisions (STAD) terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa MTsN 2 Aceh Besar)
Wasrizal, 140205123, FTK, PMA, 082365580453.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (9MB) | Preview

Abstract

Permasalahan selama ini siswa kurang aktif dalam pembelajaran, biasanya guru cenderung untuk menjelaskan maupun memberitahukan segala sesuatunya kepada siswa sehingga siswa menjadi tidak terbiasa belajar lebih aktif. Oleh karena itu, perlu dilakukan proses belajar mengajar yang melibatkan siswa secara aktif dan kreatif. Hal ini bisa dilakukan dengan menggunakan model pembelajaran Student Team Achivement Divisions (STAD). STAD merupakan salah satu tipe dalam model pembelajaran yang berfungsi untuk menghidupkan suasana belajar, mengaktifkan siswa untuk bertanya maupun menjawab terhadap apa yang mereka pelajari melalui cara yang menyenangkan dan tidak membosankan. Model pembelajaran ini berdasarkan pandangan konstruktivis. Model belajar aktif tipe STAD akan membantu siswa dalam memahami materi pelajaran. Adapun tujuan dari penelitian ini adalah: Untuk mengetahui hasil belajar siswa melalui penerapan model pembelajaran kooperatif tipe STAD dengan model pembelajaran konvensional. Desain penelitian yang digunakan pada penelitian ini yaitu quasi eksperimen. Pengambilan sampel dilakukan dengan menggunakan simple random sampling . Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII MTs Negeri 2 Aceh Besar. Penelitian ini melibatkan dua kelas, yaitu kelas VIII3 sebagai kelas eksperimen dan VIII4 sebagai kelas kelas kontrol. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan tes hasil belajar siswa selama pembelajaran berlangsung. Dari hasil pengolahan data statistik uji-t diperoleh t_hitung=1,72 dan t_tabel=1,67 atau t_hitung>t_tabel sehingga dapat disimpulkan bahwa hasil belajar siswa yang diajarkan melalui model pembelajaran kooperatif tipe STAD lebih baik daripada hasil belajar siswa dengan menggunakan model pembelajaran konvensional.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing I : Dra. Hafriani, M.Pd Pembimbing II : Budi Azhari, M.Pd.
Subjects: 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan) > 371 Sekolah dan Aktivitasnya: Pendidikan luar biasa > 371.1 Guru dan Pengajaran
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Matematika
Depositing User: Wasrizal Wasrizal
Date Deposited: 21 Sep 2020 02:54
Last Modified: 21 Sep 2020 02:54
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/14122

Actions (login required)

View Item
View Item