Penerapan Metode Small Group Work dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Pembelajaran IPS Kelas IV MIN Montasik Aceh Besar

Eva Yulinda, 201325164 (2017) Penerapan Metode Small Group Work dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Pembelajaran IPS Kelas IV MIN Montasik Aceh Besar. Skripsi thesis, UIN Ar-Raniry Banda Aceh.

[thumbnail of Membahas tentang metode pembelajaran.]
Preview
Text (Membahas tentang metode pembelajaran.)
skripsi EVA YULINDA.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (3MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini merupakan upaya dalam meningkatkan hasil belajar siswa kelas IV MIN Montasik pada mata pelajaran IPS materi dinamika interaksi manusia dengan lingkungan alam. Hasil observasi yang dilakukan di kelas IV MIN Montasik menunjukkan bahwa ketuntasan belajar siswa belum maksimal, dimana lebih dari 50% siswa tidak tuntas dalam belajar. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah penerapan metode Small Group Work dapat meningkatkan aktivitas guru, aktivitas siswa, dan hasil belajar siswa. Penelitian ini berjudul: Penerapan Metode Small Group Work Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Pembelajaran IPS Kelas IV MIN Montasik Aceh Besar. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakn dalam 2 siklus. Setiap siklus meliputi empat tahapan yaitu: perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah seluruh siswa kelas IV MIN Montasik yang berjumlah 15 siswa. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui observasi, dan hasil tes siswa terhadap penerapan metode small group work (SGW). Setelah semua data terkumpul, hal selanjutnya adalah analisis data dengan menggunakan rumus persentase. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh aktivitas guru mengalami peningkatan dari 93,33% pada siklus I dan 95,83% pada siklus II. Aktivitas siswa dengan penerapan metode small group work (SGW) mengalami peningkatan dari siklus I dan siklus II dengan persentase 88,39% menjadi 95,83%, dan hasil belajar siswa mengalami peningkatan secara klasikal dari 60% pada siklus I menjadi 93,33% pada siklus II. Dari hasil penelitian dan analisis data dapat disimpulkan bahwa penerapan metode Small Group Work dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada pembelajaran IPS MIN Montasik Aceh Besar.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing 1.Dr. Jailani, M.Ag; 2.Darmiah, M.A.
Uncontrolled Keywords: Penerapan, Metode Small Group Work, Hasil Belajar Siswa, Kendala Guru Siswa
Subjects: 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Eva Yulinda
Date Deposited: 27 Oct 2017 08:23
Last Modified: 27 Oct 2017 08:24
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/1414

Actions (login required)

View Item
View Item