Penerapan Model Pembelajaran Tipe Inside Outside Circle (IOC) untuk Meningkatkan Respon dan Hasil Belajar Siswa pada Materi Struktur dan Fungsi Jaringan Tumbuhan di MAN 6 Aceh Besar

Nursalbiah, 140207153 (2020) Penerapan Model Pembelajaran Tipe Inside Outside Circle (IOC) untuk Meningkatkan Respon dan Hasil Belajar Siswa pada Materi Struktur dan Fungsi Jaringan Tumbuhan di MAN 6 Aceh Besar. Skripsi thesis, UIN Ar-raniry Banda Aceh.

This is the latest version of this item.

[img]
Preview
Slideshow (Penerapan Model Pembelajaran Tipe Inside Outside Circle (IOC) untuk Meningkatkan Respon dan Hasil Belajar Siswa pada Materi Struktur dan Fungsi Jaringan Tumbuhan di MAN 6 Aceh Besar)
Nursalbiah,140207153, FTK,PBL, 0852-8867-8917.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (8MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh hasil belajar dan respon siswa dalam pembelajaran Biologi di MAN 6 Aceh Besar masih tergolong rendah. Selama ini, pelaksanaan pembelajaran masih didominasi denga metode ceramah yang proses pembelajarannya lebih terpusat pada guru, siswa terlihat pasif dan kurang merespon pada saat mengikuti pembelajaran sehingga berdampak pada hasil belajar siswa.Alternatif untuk mengatasi permasalahan tersebut adalah dengan menggunaan model yang sesuai dengan materi pelajaran, salah satunya adalah model pembelajaran IOC (Inside Outside Circle). Penelitian ini bertujuan untuk mengetahuihasil belajar dan respon siswa yang dibelajarkan dengan menggunakan model pembelajaran IOC pada materi Struktur dan Fungsi Jaringan Tumbuhan di MAN 6 Aceh Besar. Penelitian inimenggunakan rancangan Pre Experimental Design dengan desainone group pretest-posttest design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI MIA. Sampel penelitian ini adalah siswa kelas XI MIA 2 yang terdiri dari 22 siswa.Teknik pengambilan sampel dengan menggunakan purposive sampling.Pengumpulan data menggunakan soal tes (pre-test dan post-test) untuk mengetahui hasil belajar, dan lembar angket untuk mengetahui respon siswa. Hasil analisis data menunjukan hasil belajar siswa yang dibelajarkan dengan model pembelajaran IOC mengalami peningkatan dari rata-rata pre-test yaitu 56,36, nilai rata-rata post-test yaitu 78,90, dengan rata-rata selisih sebesar 22,54. Hasil pengujian hipotesis diperoleh thitung ≥ ttabel (15,02 ≥ 1,72) sehingga H0 ditolak dan Ha diterima. Hasil analisis respon siswa tergolong kategori sangat baik dengan nilai rata-rata 82,40%. Maka dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran IOC dapat meningkatkan hasil belajar dan respon siswa di MAN 6 Aceh Besar.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing 1. Eva Nauli Taib, M.Pd 2. Zuraidah, M.Si
Uncontrolled Keywords: Model Pembelajaran IOC,Respon siswa, Hasil Belajar, Struktur dan Fungsi Jaringan Tumbuhan.
Subjects: 500 Sciences (Ilmu Pengetahuan Alam dan Matematika) > 570 Biology (Biologi, Ilmu Hayat) > 575 Bagian Spesifik dan sistem Fisiologi Pada Tumbuhan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Biologi
Depositing User: Nursalbiah Nur
Date Deposited: 21 Sep 2020 02:56
Last Modified: 21 Sep 2020 02:56
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/14143

Available Versions of this Item

Actions (login required)

View Item View Item
TOP