Pengembangan Glosarium Berbasis Android Pada Materi Kimia Kelas X Di MAN 4 Aceh Besar

Furqan Usda, 150208048 (2020) Pengembangan Glosarium Berbasis Android Pada Materi Kimia Kelas X Di MAN 4 Aceh Besar. Skripsi thesis, UIN AR-RANIRY.

[thumbnail of Pengembangan Glosarium Berbasis Android Pada Materi  Kimia Kelas X Di Man 4 Aceh Besar]
Preview
Text (Pengembangan Glosarium Berbasis Android Pada Materi Kimia Kelas X Di Man 4 Aceh Besar)
Furqan Usda, 150208048, FTK, PKM, 082277709190.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (9MB) | Preview

Abstract

Kimia adalah salah satu rumpun pelajaran IPA pada Sekolah Tingkat Atas. Bagi siswa yang baru mempelajari ilmu kimia mengalami kesulitan dalam mengingat dan memahami istilah-istilah kimia. Permasalahan tersebut membuat peneliti tertarik untuk mengembangkan sebuah media pembelajaran kimia yang sesuai dengan perkembangan revolusi industri 4.0. Sebuah aplikasi glosarium kimia berbasis android dengan fitur-fitur tambahan, yang sesuai dengan pelajaran kimia untuk membantu mengatasi kesulitan dalam mengingat dan memahami istilah-istilah dalam ilmu kimia. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui kelayakan dan respon siswa MAN 4 Aceh Besar terhadap glosarium berbasis android pada materi pelajaran kimia kelas X. Penelitian ini menggunakan model pengembangan ADDIE (Analyze, Design, Development, Implementation, dan Evaluation). Instrumen yang digunakan adalah lembar validasi dan angket, sedangkan teknik pengumpulan data berupa validasi dan penyebaran angket. Teknik analisis data yang digunakan adalah persentase. Berdasarkan hasil validasi dari 2 orang validator diperoleh nilai 75% pada aspek materi, 71.7% pada aspek bahasa, dan 84.3% pada aspek desain dan penggunaan. Nilai rata-rata dari tiap-tiap aspek adalah 77% dengan kualifikasi layak. Sedangkan hasil angket respon siswa yang melibatkan 20 orang siswa diperoleh nilai rata-rata yaitu 89,2% dengan kualifikasi menarik. Sehingga dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran glosarium berbasis android pada materi kimia kelas X dapat digunakan sebagai media pembelajaran.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing I : Sabarni, M.Pd Pembimbing II : Teuku Badlisyah, M.Pd
Subjects: 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan) > 371 Sekolah dan Aktivitasnya: Pendidikan luar biasa > 371.1 Guru dan Pengajaran
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Kimia
Depositing User: Furqan Usda Furqan
Date Deposited: 22 Sep 2020 02:41
Last Modified: 22 Sep 2020 02:41
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/14165

Actions (login required)

View Item
View Item