Pengembangan Modul Kimia Arab Jawi Pada Materi Minyak Bumi di SMA Terpadu Ahlussunnah Waljama’ah Kabupaten Bener Meriah

Khairun Nisa Hasibuan, 160208031 (2020) Pengembangan Modul Kimia Arab Jawi Pada Materi Minyak Bumi di SMA Terpadu Ahlussunnah Waljama’ah Kabupaten Bener Meriah. Skripsi thesis, UIN AR-RANIRY.

[thumbnail of Pengembangan Modul Kimia Arab Jawi Pada Materi Minyak Bumi di SMA Terpadu Ahlussunnah Waljama’ah KabupatenBener Meriah]
Preview
Text (Pengembangan Modul Kimia Arab Jawi Pada Materi Minyak Bumi di SMA Terpadu Ahlussunnah Waljama’ah KabupatenBener Meriah)
Khairun Nisa Hasibuan, 160208031, FTK, PKM, 082274613908.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (18MB) | Preview

Abstract

Pengembangan modul kimia Arab Jawi pada materi minyak bumi di SMA Terpadu Ahlussunnah Waljama’ah Kabupaten bener Meriah dilatar belakangi oleh belum adanya modul kimia Arab Jawi di sekolah tersebut. Permasalahan pada penelitian ini mengenai apakah modul kimia arab jawi ini layak digunakan dan bagaimana respon peserta didik terhadap modul kimia Arab Jawi pada materi minyak bumi. Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui kelayakan dan respon peserta didik terhadap pengembangan modul kimia Arab Jawi pada materi minyak bumi di SMA Terpadu Ahlussunnah Waljama’ah Kabupaten bener Meriah. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian dan pengembangan dengan model pengembangan 4D. Teknik pengumpulan data menggunakan lembar validasi dan lembar angket. Analisis data validasi dan respon menggunakan persentase. Hasil validasi modul kimia arab jawi yaitu 86% dengan kriteria sangat sangat layak. Dan hasil respon peserta didik diperoleh persentase 46,15% dengan kriteria sangat setuju (SS), 53,08% kriteria setuju (S), dan 0,77% kurang setuju (KS). Dari hasil penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa Pengembangan modul kimia arab jawi pada materi minyak bumi layak digunakan di SMA Terpadu Ahlussunnah Waljama’ah Kabupaten bener Meriah. Dan hasil respon peserta didik menunjukkan persen 99,23% dengan kriteria sangat tertarik. Artinya bahwa modul kimia Arab Jawi ini dapat digunakan di sekolah tersebut.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing I : Dr. Nurbayani, MA. Pembimbing II : Safrijal, M.Pd.
Subjects: 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan) > 371 Sekolah dan Aktivitasnya: Pendidikan luar biasa > 371.1 Guru dan Pengajaran
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Kimia
Depositing User: Khairun Nisa Hasibuan
Date Deposited: 24 Sep 2020 01:46
Last Modified: 24 Sep 2020 01:46
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/14183

Actions (login required)

View Item
View Item