Pelaksanaan Tanggung Jawab Sosial Perusahaan (Corporat Social Responsibility/CSR) Menurut Pasal 74 Undang-Undang Nomor 40 Tahun 2007 Tentang Perseroan Terbatas (Studi Kasus pada PT Kalista Alam Nagan Raya)

Dian Novianda, 150106072 (2019) Pelaksanaan Tanggung Jawab Sosial Perusahaan (Corporat Social Responsibility/CSR) Menurut Pasal 74 Undang-Undang Nomor 40 Tahun 2007 Tentang Perseroan Terbatas (Studi Kasus pada PT Kalista Alam Nagan Raya). Skripsi thesis, UIN AR-RANIRY.

[img]
Preview
Text (Pelaksanaan Tanggung jawab Sosial Perusahaan (Corporat Social Responsibility/CSR) Menurut Pasal 74 Undang-Undang Nomor 40 Tahun 2007 Tentang Perseroan Terbatas (Studi Kasus pada PT Kalista Alam Nagan Raya))
Dian Novianda, 150106072, FSH, IH, 082294148645.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (9MB) | Preview

Abstract

Undang-Undang Nomor 40 Tahun 2007 tentang Perseroan Terbatas menyatakan bahwa perseroan yang kegiatan usahanya dibidang dan/atau berkaitan sumber daya alam wajib melaksanakan tanggung jawab sosial dan lingkungan. Tujuannya agar meningkatkan kualitas yang bermanfaat bagi perusahaan maupun masyarakat setempat. PT Kalista Alam adalah suatu perusahaan yang bergerak dalam bidang industri pengelolaan buah kelapa sawit yang wajib menjalankan tanggung jawab sosial perusahaan. Pada kenyataannya perusahaan PT Kalista Alam belum menjalankan pelaksanaaan tanggung jawab sosial secara maksimal dan merata. Dalam skripsi ini, yang menjadi rumusan masalah adalah bentuk dan manfaat tanggung jawab sosial perusahaan pada PT kalista alam kepada masyarakat dan lingkungan sekitar dan bagaimana tanggung jawab sosial perusahaan PT Kalista Alam menurut tinjauan Pasal 74 Undang-Undang Nomor 40 Tahun 2007. Penulisan skripsi ini menggunakan penelitian kepustakaan (Library Research) dan penelitian ini juga menggunakan lapangan (Field Research) yang dilakukan dengan mewawancarai 4 (empat) Informan dan 1 (satu) Narasumber. Jenis penelitian skripsi ini adalah penelitian hukum normative dengan melakukan inventarisasi terhadap peraturan perundang-undangan, dokumen-dokumen, dan dengan penelitian secara empiris. Hasil penelitian bentuk-bentuk tanggung jawab sosial yang sudah dijalankan PT Kalista Alam yaitu Bantuan sosial, Transfer pengetahuan dan teknologi, Penyerapan tenaga kerja dan Peran Lingkungan, dari keempat bentuk tanggung jawab sosial yang sudah dijalankan hanya penyerapan tega kerja yang sudah dijalankan dengan maksimal. Perusahaan PT Kalista Alam belum menjalankan tanggung jawab sosial dan lingkungan dengan sebagimana mestinya. Dari paparan diatas dapat disimpulkan bahwa sudah seharusnya PT kalista Alam mengawasi dan menangani kegiatan tanggung jawab sosial perusahaan, serta adanya sanksi yang tegas terhadap perusahaan jika tidak menjalankan tanggung jawab sosial perusahaan (Corporate Social Responsibility).

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing I : Dr. Kamaruzzaman, M.Sh Pembimbing II : Syarifah Rahmatillah, S.H.I., M.H
Subjects: 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 303 Proses sosial > 303.3 Koordinasi dan pengawasan
300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 303 Proses sosial > 303.6 Konflik dan pemecahan konflik
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > S1 Ilmu Hukum
Depositing User: Dian Novianda
Date Deposited: 22 Sep 2020 03:37
Last Modified: 22 Sep 2020 03:37
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/14184

Actions (login required)

View Item View Item
TOP