Peran Pemuda Terhadap Tinggalan Nisan Bersejarah Di Gampong Ateuk Jawo (Banda Aceh)

Farid Qhairi, 150501046 (2020) Peran Pemuda Terhadap Tinggalan Nisan Bersejarah Di Gampong Ateuk Jawo (Banda Aceh). Skripsi thesis, UIN Ar-Raniry Banda Aceh.

[img]
Preview
Text (Membahas tentang Peran Pemuda terhadap Tinggalan Nisan Bersejarah)
Farid Qhairi, 150501046, FAH, SKI, 085370601515.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (7MB) | Preview

Abstract

Skripsi ini berjudul “Peran Pemuda Terhadap Tinggalan Nisan Bersejarah Di Gampong Ateuk Jawo (Banda Aceh)”. Gampong Ateuk Jawo merupakan salah satu gampong dari Kecamatan Baiturrahman yang ada di wilayah kota Banda Aceh. Di gampong tersebut terdapat sebuah komplek makam peninggalan sejarah Aceh Darussalam ini berlokasi di Jalan Lingge. Komplek makam (Asta Khatib Sri Raja) Makam paling barat memiliki batu nisan bersurat. Di bagian atas batu nisan sebelah kaki (selatan) terpahat dengan kaligrafi Arab yang indah. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pemuda Ateuk Jawo terhadap nisan tinggalan sejarah Aceh dan respon pemuda Ateuk Jawo terhadap nisan tinggalan sejarah Aceh. Dalam penelitian ini penulis menggunakan metode kualitatif yang bersifat deskriptif menggunakan langkah-langkah berupa pengumpulan data dengan cara observasi, wawancara, dokumentasi, dan data perpustakaan, deskripsi data serta analisis data. Hasil penelitian ini menunjukkan, 8 (delapan) pemuda gampong Ateuk Jawo peduli dengan tinggalan nisan bersejarah, selebihnya pemuda di gampong ini tidak peduli dikarenakan kurangnya pemahaman tentang betapa pentingnya tinggalan nisan bersejarah ini dijaga, dan masih ada pemuda gampong yang percaya akan mitos yang ada di komplek makam, begitu juga dengan pelepasan nazar juga masih dilakukan oleh kalangan pemuda yang ada digampong Ateuk Jawo ini. Ada pun komplek makam yang dipugar dan dijaga oleh pemuda gampong Ateuk Jawo adalah komplek makam Asta Katib Sri Raja, komplek makam Rumoh kula, komplek makam Jeurat Poja, komplek makam Jeurat Bate Buli.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing 1. Drs. Husaini Husda, M.Pd 2. Hamdina Wahyuni, M.Ag
Uncontrolled Keywords: Pemuda, Pelestarian, Tinggalan komplek makam
Subjects: 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 360 Social Problems and Services (Permasalahan dan Kesejahteraan Sosial) > 368 Asuransi > 369 Berbagai jenis perhimpunan
Divisions: Fakultas Adab dan Humaniora > S1 Sejarah dan Kebudayaan Islam
Depositing User: Farid Qhairi Farid
Date Deposited: 22 Sep 2020 03:17
Last Modified: 22 Sep 2020 03:17
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/14185

Actions (login required)

View Item View Item
TOP