Karakteristik Aparatur Sipil Negara Dalam Undang-Undang Nomor 5 Tahun 2014 Tentang Aparatur Sipil Negara ditinjau dengan Ayat-Ayat Siayasah.

Mindi Mailusi, 150105012 (2020) Karakteristik Aparatur Sipil Negara Dalam Undang-Undang Nomor 5 Tahun 2014 Tentang Aparatur Sipil Negara ditinjau dengan Ayat-Ayat Siayasah. Skripsi thesis, UIN AR-RANIRY.

[thumbnail of Karakteristik Aparatur Sipil Negara Dalam Undang-Undang Nomor 5 Tahun 2014 Tentang Aparatur Sipil Negara ditinjau dengan Ayat-Ayat Siayasah.]
Preview
Text (Karakteristik Aparatur Sipil Negara Dalam Undang-Undang Nomor 5 Tahun 2014 Tentang Aparatur Sipil Negara ditinjau dengan Ayat-Ayat Siayasah.)
Mindi Mailusi, 150105012, FSH, HTN, 082369845450.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (3MB) | Preview

Abstract

Karakteristik pejabat sering sekali dianggap tidak relevan dan ideal bagi pemerintahan sehingga mempengaruhi kinerja terhadap pelayanan publik dan perkembangan sistem birokrasi pemerintahan. Dalam skripsi ini, yang menjadi rumusan masalah adalah bagaimana karakteristik ideal Aparatur Sipil Negara dalam sistem pemerintahan dan bagaimana karakteristik dalam Undang-Undang Nomor 5 Tahun 2014 Tentang Aparatur Sipil Negara ditinjau dengan ayat-ayat siyasah serta pengaruhnya terhadap kinerja Aparatur Sipil Negara di pemerintahan Indonesia. Tujuannya untuk mengetahui karakteristik ideal Aparatur Sipil Negara dalam menduduki suatu jabatan serta untuk mengetahui karakteristik yang terdapat dalam Undang-Undang Nomor 5 Tahun 2014 Tentang Aparatur Sipil Negara ditinjau dengan ayat-ayat siyasah serta pengaruhnya terhadap kinerja Aparatur Sipil Negara di pemerintahan Indonesia. Adapun penelitian ini merupakan jenis penelitian kepustakaan (library research) yang dikumpulkan dengan membaca tematik (maudhu’i) bersumber dari ayat-ayat siyasah dalam Al-Qur’an dan Tafsir Al-Misbah serta dukungan Tafsir lainnya sebagai tinjauan terhadap karakteristik Aparatur Sipil Negara yang dapat dijadikan pedoman. Sksripsi ini, menggunakan metode deskriptif analisis diolah secara sistematik untuk mendapatkan gambaran sesuai dengan permasalahan. Dari penelitian ini, menemukan bahwa karakteristik dalam Undang-Undang Nomor 5 Tahun 2014 Tentang Aparatur Sipil Negara terdapat pada pasal 3 yang berisikan bahwa, memiliki nilai dasar, menjaga kode etik, komitmen, berkompeten, kualifikasi akademik, tidak melanggar hukum, profesionalita. Hal tersebut sejalan dengan ayat-ayat siyasah menyebutkan beberapa syarat seperti; amanah, jujur, adil, sehat jasmani dan rohani, memiliki ilmu yang sesuai dengan bidang tugas dan profesional. Karakteristik sendiri memberikan pengaruh besar terhadap kinerja Aparatur Sipil Negara dalam pelayanan publik yang efisien dan pembangunan nasional bagi Indonesia serta perkembangan dan peningkatan sistem pemerintahan.Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa karakteristik Aparatur Sipil Negara tidak hanya mengikuti Undang-Undang namun juga membutuhkan nilai-nilai keIslamanguna mengoptimalkan produktivitas.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing I : Prof. Dr. Rusydi Ali Muhammad, S.H., M.H. Pembimbing II : Dr. Irwansyah, M.H., M.Ag.
Uncontrolled Keywords: Karakteristik, Aparatur Sipil Negara, Ayat-Ayat Siyasah.
Subjects: 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 320 Political and Government Science (Ilmu Politik dan Pemerintahan)
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > S1 Tata Negara
Depositing User: Mindi Mailusi
Date Deposited: 22 Sep 2020 03:40
Last Modified: 22 Sep 2020 03:40
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/14189

Actions (login required)

View Item
View Item