Pengembangan Ensiklopedia Virtual Online Pada Materi Kesetimbangan Kimia

Neneng Novita Nursa, 160208033 (2020) Pengembangan Ensiklopedia Virtual Online Pada Materi Kesetimbangan Kimia. Skripsi thesis, UIN AR-RANIRY.

[thumbnail of Pengembangan Ensiklopedia Virtual Online Pada Materi  Kesetimbangan Kimia]
Preview
Text (Pengembangan Ensiklopedia Virtual Online Pada Materi Kesetimbangan Kimia)
Neneng Novita Nursa.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (14MB) | Preview

Abstract

Pengembangan media ensiklopedia virtual online pada materi kesetimbangan kimia di MAN 4 Aceh Besar dilatar belakangi oleh kurangnya penyediaan media pembelajaran dan belum tersedianya media ensiklopedia, serta dengan dukungan fasilitas internet yang memadai sehingga pengajar dapat menggunakan media dalam jarak dekat dan jauh dalam proses pembelajarannya. Rumusan masalah pada penelitian ini mengenai apakah media ensiklopedia virtual online ini layak digunakan dan bagaimanakah respon siswa terhadap media ensiklopedia virtual online pada materi kesetimbangan kimia. Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui kelayakan dan respon siswa terhadap pengembangan ensiklopedia virtual online pada materi kesetimbangan kimia di MAN 4 Aceh Besar. Metode penelitian yang digunakan adalah Research and Development (R&D) dengan model pengembangan 4D. Teknik pengumpulan data menggunakan lembar validasi dan lembar angket. Analisis data validasi dan respon menggunakan persentase. Berdasarkan hasil penelitian ditinjau dari hasil validasi ensiklopedia yaitu 92% dengan kriteria sangat layak. Dan hasil respon siswa diperoleh persentase 85% dengan kriteria sangat setuju (SS), 10,5% kriteria setuju (S), dan 4,5% kurang setuju (KS), maka pengembangan ensiklopedia virtual online layak digunakan di MAN 4 Aceh Besar.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing I : Muammar Yulian, M.Si. Pembimbing II : Safrijal, M.Pd.
Subjects: 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan) > 371 Sekolah dan Aktivitasnya: Pendidikan luar biasa > 371.3 Metode Pembelajaran dan Belajar
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Kimia
Depositing User: Neneng Novita Nursa
Date Deposited: 24 Sep 2020 01:47
Last Modified: 24 Sep 2020 01:47
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/14191

Actions (login required)

View Item
View Item