Analisis Sistem Cash Back Pada Transaksi Jual Beli Motor Secara Non Tunai Dalam Perspektif Hukum Islam (Suatu Penelitian pada Dealer Motor di PT. Alfa Scorpii Banda Aceh)

Asdania Novera, 150102014 (2020) Analisis Sistem Cash Back Pada Transaksi Jual Beli Motor Secara Non Tunai Dalam Perspektif Hukum Islam (Suatu Penelitian pada Dealer Motor di PT. Alfa Scorpii Banda Aceh). Skripsi thesis, UIN AR-RANIRY.

[thumbnail of Analisis Sistem Cash Back Pada Transaksi Jual Beli Motor Secara Non Tunai Dalam Perspektif Hukum Islam (Suatu Penelitian pada Dealer Motor di PT. Alfa Scorpii Banda Aceh)]
Preview
Text (Analisis Sistem Cash Back Pada Transaksi Jual Beli Motor Secara Non Tunai Dalam Perspektif Hukum Islam (Suatu Penelitian pada Dealer Motor di PT. Alfa Scorpii Banda Aceh))
Asdania Novera, 150102014, FSH, HES, 085277968282.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (10MB) | Preview

Abstract

PT. Alfa Scorpii merupakan sebuah perusahaan otomotif yang bergerak pada penjualan sepeda motor merek Yamaha. Jual beli sepeda motor pada perusahaan ini dilakukan secara tunai atau pun non-tunai. Dalam transaksi jual beli secara non-tunai harga telah di-mark up sehingga nilai harganya lebih tinggi dari harga tunai, namun ada kondisi tertentu yang diberikan keringanan dalam bentuk potongan harga dengan sistem cash back, yang menjadi strategi perusahaan dalam penjualan produk. Adapun tujuan penelitian ini untuk menjawab permasalahan yaitu bagaimana perjanjian cash back pada transaksi jual beli motor secara non-tunai, mekanisme pemberian potongan harga dan konsekuensi terhadap pembeli serta perspektif Hukum Islam dalam jual beli terhadap sistem cash back dalam transaksi jual beli motor pada dealer motor di PT. Alfa Scorpii Banda Aceh. Pendekatan penelitian ini secara kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif, dan pengumpulan data dengan wawancara dengan responden dan data dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pemberian potongan harga dalam bentuk cash back pada penjualan motor di dealer Alfa Scorpii tidak dilakukan secara tertulis, ketentuan cash back hanya dilampirkan pada brosur harga motor khusus pembelian non-tunai. Pemberian cash back bernilai variatif yaitu berdasarkan besaran panjar (DP) yang dibayar konsumen pada saat pembelian dan juga jangka waktu pembiayaan yang dipilihnya. Dalam perspektif akad jual beli, pemberian cash back yang diberikan manajemen Alfa Scorpii diperbolehkan karena merupakan keringanan dalam proses pembayaran atau cicilan utang, namun seharusnya pemberian pemotongan harga diberikan pada akhir transaksi yang sesuai dengan konsep muqassah. Dari paparan di atas dapat disimpulkan bahwa pemberian cash back dalam transaksi jual beli motor secara non tunai belum sepenuhnya memenuhi prinsip keringanan pembayaran hutang dalam Hukum Islam, namun seharusnya pemberian cash back tersebut dilakukan sebelum pelunasan utang dilakukan, bukan di awal transaksi, karena tidak menampakkan pengurangan nilai utang secara langsung.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing I : Dr. Muhammad Maulana, M. Ag Pembimbing II : Muslem, S.Ag., MH
Subjects: 200 Religion (Agama) > 297 Islam > 2X4 Fiqih > 2X4.2 Mu'amalat > 2X4.21 Jual Beli (Murabahah)
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > S1 Hukum Ekonomi Syariah
Depositing User: Asdania Novera
Date Deposited: 25 Sep 2020 02:53
Last Modified: 25 Sep 2020 02:53
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/14206

Actions (login required)

View Item
View Item