Persepsi Masyarakat Terhadap Politik Uang Pada Pemilu Tahun 2019

Muhammad Suspin Selian, 150801041 (2020) Persepsi Masyarakat Terhadap Politik Uang Pada Pemilu Tahun 2019. Skripsi thesis, UIN AR-RANIRY.

[thumbnail of Persepsi Masyarakat Terhadap Politik Uang Pada Pemilu Tahun 2019]
Preview
Text (Persepsi Masyarakat Terhadap Politik Uang Pada Pemilu Tahun 2019)
Muhammad Suspin Selian, 150801041, Fisip, Ilmu Politik UIN Ar Raniry Banda Aceh.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (1MB) | Preview

Abstract

Politik uang sangat berpengaruh terhadap proses penyelenggaraan Pemilihan Umum Legislatif di Desa Kutacane Lama Kecamatan Babussalam Kabupaten Aceh Tenggara. Politik uang dalam rangka memperoleh dukungan suara dari masyarakat dilarang oleh agama maupun undang-undang negara. Namun praktik politik uang tersebut tetap terjadi dan mempengaruhi persepsi masyarakat. Masalah pokok dalam penelitian ini adalah bagaimana persepsi masyarakat Desa Kutacane Lama Kabupaten Aceh Tenggara terhadap praktik politik uang pada pemilu serentak 2019 dan apa saja bentuk praktik politik uang yang terjadi di masyarakat Desa Kutacane Lama Kabupaten Aceh Tenggara pemilu serentak 2019.
Tujuan penelitian ini untuk mengetahui persepsi masyarakat Desa Kutacane Lama Kabupaten Aceh Tenggara terhadap praktik politik uang pada pemilu serentak 2019 dan mengetahui bentuk praktik politik uang yang terjadi di masyarakat Desa Kutacane Lama Kabupaten Aceh Tenggara pemilu serentak 2019.
Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian deskriptif kualitatif. Hasil wawancara dan observasi langsung dituangkan dalam bentuk kalimat dan paragaraf yang menjelaskan persepsi masyarakat terhadap penolakan politik uang yang di jelaskan menurut pendekatan kualitatif.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa, persepsi masyarakat Desa Kutacane Lama Kabupaten Aceh Tenggara terhadap praktik politik uang pada pemilu serentak 2019 terbagi dua yaitu persepsi positif dan negatif. Sebagian masyarakat ada yang membenarkan dan menerima dan ada pula yang tidak membenarkan dan menolak politik uang.
Pemerintah daerah setempat harus memberikan edukasi melalui sosialisasi kepada masyarakat akan dampak buruk politik uang dan meningkatkan pengawasan terhadap praktik politik uang pada saat menjelang pemilihan umum.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Persepsi dan Politik Uang
Subjects: 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 320 Political and Government Science (Ilmu Politik dan Pemerintahan)
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Pemerintahan > S1 Ilmu Politik
Depositing User: Muhammad Suspin Selian Muhammad
Date Deposited: 23 Sep 2020 01:56
Last Modified: 23 Sep 2020 01:56
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/14207

Actions (login required)

View Item
View Item