Peranan Kepala Desa Dalam Pelaksanaan Pembangunan Ditinjau Dari Fiqh Siyasah dan UU Desa Nomor 6 Tahun 2014

Mirza Rahmatillah, 140105048 (2019) Peranan Kepala Desa Dalam Pelaksanaan Pembangunan Ditinjau Dari Fiqh Siyasah dan UU Desa Nomor 6 Tahun 2014. Skripsi thesis, UIN Ar-Raniry Banda Aceh.

[thumbnail of Peranan Kepala Desa Dalam Pelaksanaan Pembangunan Ditinjau Dari Fiqh Siyasah dan UU Desa Nomor 6 Tahun 2014]
Preview
Text (Peranan Kepala Desa Dalam Pelaksanaan Pembangunan Ditinjau Dari Fiqh Siyasah dan UU Desa Nomor 6 Tahun 2014)
Mirza Rahmatillah, 140105048, FSH, HTN, 085270226857.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (41MB) | Preview

Abstract

Keberhasilan pembangunan suatu Desa tidak terlepas dari peran Kepala Desa serta seluruh masyarakat. Desa yang maju dapat dilihat dari sarana dan prasarana yang memadai. kepala pemerintahan memiliki tanggung jawab yang besar terhadap kemajuan Desanya guna menciptakan masyarakat yang sejahtera. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana peran kepala Desa dalam pelaksanaan pembangunan di Desa Li-eue dan bagaimana tinjauan Fiqh Siyasah dan Undang-Undang Desa terhadap peran kepala Desa dalam pelaksanaan pembangunan di Desa Li-Eue. Jenis Penelitian ini tergolong penelitian lapangan (Field Research), yang bersifat deskriptif analisis yaitu penelitian yang menuturkan dan menguraikan data yang bersumber dari data primer melalui wawancara, observasi maupun laporan dalam bentuk dokumen dan data sekunder dengan mengadakan studi pustaka (library research) berupa Al-Qur’an, Hadist, pendapat para ulama, peraturan perundang-undangan, dokumen serta buku dan karya ilmiah lainnya. Berdasarkan hasil analisis dapat disimpulkan bahwa Peran kepala Desa Li-Eue dalam pelaksanaan pembangunan di Desa Li-eue yaitu Kepala Desa atau yang disebut dengan istilah bahasa Daerah yaitu Kepala Desa Li-Eue atau keuchik dalam melaksanakan pembangunan secara umum kurang optimal sehingga kurang amanah atau bertanggung jawab terhadap tugasnya. Dilihat dari adanya beberapa pembangunan yang belum terlaksanakan. Serta kurang transparan dan kurang menggerakkan partisipasi masyarakat. Tinjauan Fiqh Siyasah dan Undang-Undang Desa yaitu dalam tinjauan Fiqh Siyasah pemimpin yang kurang amanah dan kurang bertanggung jawab, sehingga peran kepala Desa Li-Eue dalam menjalankan tugasnya kurang sesuai dengan peraturan Undang-Undang Desa.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing I: Dr. Ridwan Nurdin, MCL Pembimbing II: Siti Mawar, S.Ag., MH
Uncontrolled Keywords: Peranan kepala desa, fiqh siyasah dan UU Desa Nomor 6 tahun 2014
Subjects: 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 340 Law/Ilmu Hukum
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > S1 Tata Negara
Depositing User: Unnamed user with email 140105048@student.ar-raniry.ac.id
Date Deposited: 23 Sep 2020 02:11
Last Modified: 23 Sep 2020 02:11
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/14208

Actions (login required)

View Item
View Item