Penerapan Model Pembelajaran Discovery Learning terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa SMP

Fitria Handayani, 150205012 (2020) Penerapan Model Pembelajaran Discovery Learning terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa SMP. Skripsi thesis, UIN AR-RANIRY.

[thumbnail of Penerapan Model Pembelajaran Discovery Learning terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa SMP]
Preview
Text (Penerapan Model Pembelajaran Discovery Learning terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa SMP)
Fitria Handayani, 150205012, FTK, PMA, 082364638308.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (21MB) | Preview

Abstract

Kemampuan pemecahan masalah matematis adalah kemampuan penting yang harus dimiliki siswa untuk dapat menyelesaikan berbagai permasalahan. Kenyataannya, kemampuan pemecahan masalah matematis siswa masih tergolong rendah, sehingga dibutuhkan penerapan berbagai model dan metode pembelajaran sebagai upaya meningkatkannya. Salah satu model pembelajaran yang diprediksi dapat meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa yaitu model pembelajaran Discovery Learning. Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui kemampuan pemecahan masalah matematis siswa yang pembelajarannya menggunakan model pembelajaran Discovery Learning. Metode penelitian yang digunakan adalah quasi eksperimen dengan desain control group pretest-posttest design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMPN 1 Darussalam. Pengambilan sampel dilakukan dengan menggunakan random sampling, dan terpilih kelas VIII5 sebagai kelas eksperimen dan kelas VIII3 sebagai kelas kontrol. Pengumpulan data menggunakan lembar tes yang selanjutnya dianalisis dengan menggunakan independent sample t-test. Hasil penelitian diperoleh bahwa persentase siswa dengan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa mengalami penurunan dalam kategori kurang dari yang sebelumnya 62% menjadi 21%, sedangkan dalam kategori baik/baik sekali mengalami peningkatan dari sebelumnya 38% menjadi 79% sehingga dapat disimpulkan bahwa kemampuan pemecahan masalah matematis siswa yang diajarkan dengan model pembelajaran Discovery Learning lebih baik dari pada siswa yang diajarkan dengan model pembelajaran konvensional.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing I : Drs. Lukman Ibrahim, M.Pd Pembimbing II : Darwani, M.Pd
Uncontrolled Keywords: Model Pembelajaran Discovery Learning, Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis
Subjects: 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan) > 371 Sekolah dan Aktivitasnya: Pendidikan luar biasa > 371.3 Metode Pembelajaran dan Belajar
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Matematika
Depositing User: Fitria Handayani
Date Deposited: 24 Sep 2020 02:14
Last Modified: 24 Sep 2020 02:14
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/14227

Actions (login required)

View Item
View Item