Penerapan Model Pembelajaran Tipe TGT terhadap Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa SMPN 1 Darul Imarah Kabupaten Aceh Besar

Novita Sari, 150205080 (2020) Penerapan Model Pembelajaran Tipe TGT terhadap Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa SMPN 1 Darul Imarah Kabupaten Aceh Besar. Skripsi thesis, UIN AR-RANIRY.

[thumbnail of Penerapan Model Pembelajaran Tipe TGT terhadap Kemmapuan Komunikasi Matematis Siswa SMPN 1 Darul Imarah Kabupaten Aceh Besar]
Preview
Text (Penerapan Model Pembelajaran Tipe TGT terhadap Kemmapuan Komunikasi Matematis Siswa SMPN 1 Darul Imarah Kabupaten Aceh Besar)
Novita Sari, 150205080, FTK, PMA, 082274357805.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (13MB) | Preview

Abstract

Kemampuan komunikasi matematis sangat dibutuhkan oleh siswa dalam proses pembelajaran matematika. Hal ini karena melalui komunikasi matematis siswa dapat mengorganisasikan berpikir matematikanya secara tulisan dan mengkomuniasikan pemahamanannya dengan tulisan atau lisan. Kenyataannya, kemampuan komunikasi matematis siswa masih tergolong rendah, sehingga dibutuhkan suatu usaha yang dapat meningkatkan kemampuan komunikasi matematis siswa. Oleh karena itu guru dalam proses pembelajaran perlu mengembangkan kemampuan komunikasi matematis siswa misalnya dengan menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe Teams Games Tournament (TGT) di kelas VIII-1 SMPN 1 Darul Imarah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kemampuan komunikasi matematis siswa yang dibelajarkan dengan model pembelajaran kooperatif tipe TGT di kelas VIII-1 SMPN 1 Darul Imarah. Penelitian ini merupakan penelitian bersifat deskriptif, yaitu penelitian yang berusaha menggambarkan subjek yang diteliti sesuai dengan apa adanya dengan tujuan untuk menggambarkan fakta-fakta yang berakitan dengan masalah yang diteliti. Data dikumpulkan dengan menggunakan tes kemampuan komunikasi matematis siswa. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII-1 SMPN 1 Darul Imarah sedangkan objeknya adalah lembar jawaban siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan komunikasi matematis siswa meningkat setelah dibelajarkan dengan model pembelajaran kooperatif tipe TGT.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing I : Drs. Ir. Johan Yunus, SE., M.Si Pembimbing II : Darwani, M. Pd
Subjects: 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan) > 371 Sekolah dan Aktivitasnya: Pendidikan luar biasa > 371.1 Guru dan Pengajaran
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Matematika
Depositing User: Novita Sari
Date Deposited: 24 Sep 2020 03:33
Last Modified: 24 Sep 2020 03:33
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/14236

Actions (login required)

View Item
View Item