Manajemen Pengelolaan sampah di Gampong Nusa Kecamatan Lhoknga kabupaten Aceh Besar

Nuri Adha, 160403003 (2020) Manajemen Pengelolaan sampah di Gampong Nusa Kecamatan Lhoknga kabupaten Aceh Besar. Skripsi thesis, UIN AR-RANIRY.

[img]
Preview
Text (Manajemen Pengelolaan sampah di Gampong Nusa Kecamatan Lhoknga kabupaten Aceh Besar)
Nuri Adha, 160403003, FDK, MD, 085359658370.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (4MB) | Preview

Abstract

Skripsi ini berjudul “Manajemen Pengelolaan sampah di Gampong Nusa Kecamatan Lhoknga kabupaten Aceh Besar” adapun permasalahan dalam penelitian ini ialah peneliti belum mengetahui bagaimana manajemen yang dilakukan oleh Gampong Nusa dalam mengelola sampah sehingga menciptakan lingkungan yang bersih dan sehat, dan menarik perhatian masyarakat luar untuk berkunjung ke Gampong Nusa. Adapun tujuan penelitian ini ialah untuk mengetahui bagaimana manajemen pengelolaan sampah di Gampong Nusa, mengetahui partisipasi masyarakat, serta mengetahui faktor penghambat dan pendukung dalam pengelolaan sampah di Gampong Nusa Kecamatan Lhoknga Kabupaten Aceh Besar. penelitian ini menggunakan metode kualitatif yaitu prosedur penelitian yang menghasilkan data deskriptif berupa tulisan atau lisan orang-orang atau perilaku yang diamati. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa manajemen pengelolaan sampah yang dilakukan ialah dengan dua cara yaitu dengan adanya bank sampah, dengan cara mengumpulkan sampah disetorksan ke TPA Bank Sampah, lalu di timbang oleh pengurus, dan dicatat di buku tabungan bank sampah setelah itu sampah yang sudah terkumpul dibeli oleh pengepul sampah. Dan cara kedua dengan mendaur ulang sampah hal yang pertama dilakukan mengumpulkan sampah yang bisa di olah, seperti plastik, koran, dedaunan kering, lalu membuat pola sesuai kerajinan yang akan dibuat. Adapun partisipasi masyarakat sangat tinggi dalam ikut kegiatan ini, selain mendapat ilmu juga menciptakan lingkungan yang bersih. Sedangkan faktor pendukungnya ialah semangat dari diri sendiri mau ikut serta dalam kegiatan, dan juga dapat dukungan dari keluarga. Sedangkan faktor penghambatnya ialah kendala waktu karena setiap anggota memiliki kegiatan dengan waktu yang sama, dan bahan yang akan di olah tidak ada. Kegiatan ini telah berhasil membuat masyarakat setempat untuk merubah sampah menjadi barang kerajinan yang bernilai. Keberhasilan kegiatan ini berpengaruh pada lingkungan di sekitaran Gampong Nusa dan juga berpengaruh pada aspek ekonomi warga yang bergabung dalam kegiatan di bank sampah dan Nusa Kreasi Komuniti Daur Ulang Sampah.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Manajemen dan pengelolaan sampah
Subjects: 200 Religion (Agama) > 297 Islam > 2X6 Sosial dan Budaya > 2X6.1 Masyarakat Islam > 2X6.153 Lingkungan
600 Technology (Applied Sciences) > 650 Management & Public Relations (Manajemen dan Humas) > 658 Manajeman Umum > 658.401 Manajemen Operasi
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > S1 Manajemen Dakwah
Depositing User: Nuri Adha
Date Deposited: 24 Sep 2020 03:50
Last Modified: 24 Sep 2020 03:50
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/14237

Actions (login required)

View Item View Item
TOP