Sistem Pengelolaan Biro Perjalanan Umrah Di Katana Tour Dan Travel Kota Banda Aceh

Loly Aulia, 160403001 (2020) Sistem Pengelolaan Biro Perjalanan Umrah Di Katana Tour Dan Travel Kota Banda Aceh. Skripsi thesis, UIN AR-RANIRY.

[thumbnail of Sistem Pengelolaan Biro Perjalanan Umrah Di Katana Tour Dan Travel Kota Banda Aceh]
Preview
Text (Sistem Pengelolaan Biro Perjalanan Umrah Di Katana Tour Dan Travel Kota Banda Aceh)
Loly Aulia, 160403001, FDK, MA, 082165872026.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (8MB) | Preview

Abstract

Skripsi ini berjudul “Sistem Pengelolaan Biro Perjalanan Umrah Di Katana Tour Dan Travel Kota Banda Aceh” Pokok permasalahannya adalah semakin hari semakin banyaknya perusahaan biro perjalanan yang mengambil peran untk mengawal pelaksanaan ibadah umrah. Namun disisi lain calon jamaah umrah dituntut untuk lebih waspada dalam memilih biro perjalanan umrah yang bertanggung jawab. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dua persoalan pokok. Pertama, untuk mengetahui bagaimana sistem pengelolaan biro perjalanan umrah yang ada di Katana Tour dan Travel. Kedua, apa saja faktor penghambat yang di hadapi travel dalam pelaksanaannya. Jenis penelitian yang di gunakan adalah penelitian lapangan. Yang di lakukan di Katana Tour dan Travel kota Banda Aceh. Data-data yang digunakan yaitu data kualitatif berupa data primer dan skunder. Data diperoleh melalui observasi, wawacara dan dokumentasi. Peneliti melakukan wawancara dengan Direktur utama, staf, dan beberapa jamaah Katana Tour dan Travel kota Banda Aceh. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pengelolaan travel sudah baik sistem perencanaan yang tersusun dengan cermat, pengorganisasian yang sesuai kebutuhan perusahaan, pelaksanaan serta pembimbingan yang sudah dimuat dalam SOP (standar operational prosedur) Katana tour dan travel kota Banda Aceh. Kejelasan akomodasi, pembimbingan yang baik serta pemberian sarana dan prasarana yang sesuai dengan kebutuhan jamaah. Kesimpulan dari penelitian ini adalah sistem pengelolaan yang di terapkan oleh biro perjalanan umrah di Katana Tour dan Travel kota Banda Aceh mendapatkan renspon yang sangat baik dari jamaah yang pernah mempercayakan keberangkatan mereka untuk melaksanakan ibadah umrah menggunakan biro perjalanan Katana Tour dan Travel. Ini terlihat dari hasil wawancara peneliti dengan jamaah, dimana ada beberapa jamaah yang sebelumnya berumrah dengan Katana Tour dan Travel, apabila melaksanakan ibadah umrah kembali mereka akan berangkat menggunakan jasa Katana Tour dan Travel lagi. Dan bahkan ada beberapa jamah juga melaksankan ibadah umrah untuk yang kedua bahkan ketiga kalinya menggunakan jasa biro perjalanan Katana Tour dan Travel kota Banda Aceh. Meskipun demikian tentunya masih ada beberapa faktor penghambat yang dihadapi travel. Baik itu penghambat yang datang dari luar travel, jamaah bahkan travel itu sendiri. Seperti banyaknya jamaah yang tidak dapat mengikuti manasik umrah sesuai jadwal, masih adanya jamaah yang tersesat di tanah suci, banyaknya jamaah diluar kantor pusat dan cabang, dan yang lainnya. Pihak travel terus mengevaluasi diri untuk dapat membimbing jamaah agar merasa nyaman dan aman ketika melaksankan ibadah umrah di tanah suci.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Sistem Pengelolaan, Biro Perjalanan, Dan Ibadah Umrah
Subjects: 200 Religion (Agama) > 297 Islam > 2X7 Filsafat dan Perkembangan > 2X7.2 Dakwah > 2X7.22 Masyarakat Dakwah, Obyek Dakwah
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > S1 Manajemen Dakwah
Depositing User: Loly Aulia
Date Deposited: 24 Sep 2020 03:49
Last Modified: 24 Sep 2020 03:49
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/14238

Actions (login required)

View Item
View Item