Strategi Pengelolaan Dana Wisata Air Terjun Suhom Dalam Pembangunan Gampong Tunong Krueng Kala Kecamatan Lhoong Kabupaten Aceh Besar

Shofi Atikah, 160403005 (2020) Strategi Pengelolaan Dana Wisata Air Terjun Suhom Dalam Pembangunan Gampong Tunong Krueng Kala Kecamatan Lhoong Kabupaten Aceh Besar. Skripsi thesis, UIN AR-RANIRY.

[img]
Preview
Text (Strategi Pengelolaan Dana Wisata Air Terjun Suhom Dalam Pembangunan Gampong Tunong Krueng Kala Kecamatan Lhoong Kabupaten Aceh Besar)
Shofi Atikah, 160403005, FDK,, MD, 085262218198.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (4MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini menarik untuk diteliti karena pada saat pengamatan menunjukkan pengelolaan dana Wisata Air Terjun Suhom masih belum maksimal. Anggaran hanya digunakan untuk kegiatan-kegiatan kepemudaan, sebenarnya jika dikelola dengan baik, hasil dari dana wisata tersebut bisa masuk ke dalam penghasilan Gampong dan bisa dipergunakan untuk pembangunan lainya. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui strategi pengelolaan dana wisata Air Terjun Suhom. Termasuk ada dua faktor pendukung dan penghambat pengelolaan dana wisata Air Terjun Suhom dalam pembangunan Gampong Tunong Krueng Kala Kecamatan Lhoong Kabupaten Aceh Besar. Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan penelitian kualitatif. Sumber data diperoleh melalui penelitian lapangan (field research). Data dikumpulkan melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pengelolaan dana wisata sudah dikategorikan baik karena pengelolaannya ditujukan untuk keperluaan pemuda, kemudian juga dipergunakan untuk kegiatan sosial dan keagamaan. Untuk pembangunan gampong seperti pembangunan infrastruktur belum ada, dana tersebut sama sekali tidak dipakai untuk pembangunan fisik. Pemasukannya layak disuntik untuk pembangunan seperti irigasi, pembangunan jalan gampong dan lain sebagainya. Di sisi lain, masyarakat gampong juga belum semuanya mengetahui pengelolaan dana wisata air terjun tersebut sehingga diperlukan transparansi anggaran agar tidak timbul konflik di kalangan masyarakat Gampong. Konseptualisasi pembangunan merupakan proses perbaikan yang berlanjut pada suatu masyarakat menuju kehidupan yang lebih sejahtera sehingga terdapat beberapa cara untuk menentukan tingkat kesejahteraan pada suatu negara. Jika dikaitkan dengan hasil penelitian dan pengamatan, pengelolaan dana wisata air terjun suhom sudah dikelola terhadap pembangunan gampong dikarenakan dana tersebut digunakan untuk kegiatan kegiatan keagamaan, sosial dan kepemudaan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 600 Technology (Applied Sciences) > 650 Management & Public Relations (Manajemen dan Humas) > 658 Manajeman Umum > 658.401 Manajemen Operasi
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > S1 Manajemen Dakwah
Depositing User: Shofi Atikah
Date Deposited: 24 Sep 2020 03:49
Last Modified: 24 Sep 2020 03:49
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/14240

Actions (login required)

View Item View Item
TOP