Siti Nazariah, 160209019 (2020) Pengaruh Model Pembelajaran Index Card Match Terhadap Motivasi Dan Hasil Belajar Pada Pelajaran IPS Kelas V MIN 33 Aceh Besar. Skripsi thesis, UIN AR-RANIRY.
Siti Nazariah, 160209019, FTK, PGMI, 082210129034.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.
Download (687kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan tentang pengaruh penerapan model belajar Index Card Match terhadap motivasi dan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS Kelas V MIN 33 Aceh Besar. Adapun jenis penelitian ini adalah kualitatif yang didasarkan pada fakta-fakta atau kejadian-kejadian secara sistematis dan akurat. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan mewawancarai responden yaitu 2 (dua) orang guru IPS Kelas V dan 1 (satu) orang informan yaitu Kepala Sekolah dan juga dokumentasi nilai siswa pada pelajaran IPS kelas V MIN 33 Aceh Besar. Hasil penelitian memperlihatkan bahwa penerapan model belajar Index Card Match dapat meningkatkan motivasi belajar siswa pada mata pelajaran IPS di kelas V MIN 33 Aceh Besar hal ini dapat dilihat dari tingkat keaktifan siswa yang menjadi lebih tinggi. Nilai akhir menunjukkan bahwa hasil belajar peserta didik juga meningkat hal ini dilihat dari mulai segi nilai, kemampuan kreativitas, kognitif, afektif dan psikomotornya yang mencapai ketuntasan KKM dengan nilai rata-rata 77-83. Kesimpulan penelitian ini adalah model pembelajaran Index Card Match berpegaruh terhadap motivasi dan hasil belajar peserta didik pada pelajaran IPS.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan) > 371 Sekolah dan Aktivitasnya: Pendidikan luar biasa > 371.1 Guru dan Pengajaran |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Depositing User: | Siti Nazariah |
Date Deposited: | 25 Sep 2020 02:32 |
Last Modified: | 25 Sep 2020 02:32 |
URI: | https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/14250 |