Pengaruh Strategi Belajar Terhadap Hasil Belajar Mahasiswa Prodi PAI FTK UIN Ar-Raniry Angkatan 2012

M.Ridwan, 211121031 (2016) Pengaruh Strategi Belajar Terhadap Hasil Belajar Mahasiswa Prodi PAI FTK UIN Ar-Raniry Angkatan 2012. Skripsi thesis, UIN Ar-Raniry Banda Aceh.

[thumbnail of Membahas tentang strategi belajar terhadap hasil belajar mahasiswa.]
Preview
Text (Membahas tentang strategi belajar terhadap hasil belajar mahasiswa.)
M. Ridwan.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (3MB) | Preview

Abstract

Untuk mencapai tujuan belajar yang maksimal, maka diperlukan suatu cara yang tepat dalam pencapaiannya, yaitu strategi belajar. Strategi belajar merupakan rencana tindakan (rangkaian kegiatan) termasuk rancangan menggunakan metode, media, dan pemanfaatan berbagai sumber/kekuatan untuk mencapai hasil belajar yang diharapkan. Umumnya, hasil belajar mahasiswa sangat dipengaruhi oleh strategi belajar yang digunakan, termasuk mahasiswa Prodi PAI FTK UIN Ar-Raniry Angkatan 2012. Berbagai strategi belajar yang digunakan oleh masing-masing mahasiswa sangat mempengaruhi hasil belajar mereka. Adapun yang menjadi fokus penelitian dalam skripsi ini adalah bagaimana strategi belajar mahasiswa Prodi PAI FTK UIN Ar-Raniry angkatan 2012 dan apakah strategi belajar tersebut mempengaruhi hasil belajar mereka. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan dengan menggunakan metode kualitatif. Data dikumpulkan melalui dokumentasi, angket dan wawancara, kemudian dianalisis dan selanjutnya ditampilkan dalam bentuk deskripsi. Hasil penelitian dalam skripsi ini adalah strategi belajar yang digunakan mahasiswa Prodi PAI FTK UIN Ar-Raniry Angkatan 2012 yaitu strategi belajar group learning (belajar kelompok) dan discovery learning. Hasil belajar mahasiswa PAI FTK UIN Ar-Raniry Angkatan 2012 sebagian besar sudah mendapatkan hasil yang memuaskan dengan IPK rata-rata 3,21. Strategi belajar dimaksud telah memberikan pengaruh yang positif terhadap hasil belajar mereka dengan korelasinya 0,872. Artinya, 76% hasil belajar mahasiswa dipengaruhi oleh strategi belajar yang diterapkannya.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: 1. Dr. Azhar M Nur, M. Pd; 2. Imran M. Ag
Uncontrolled Keywords: Strategi Belajar, Hasil Belajar
Subjects: 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Users 171 not found.
Date Deposited: 27 Oct 2017 08:59
Last Modified: 27 Oct 2017 08:59
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/1426

Actions (login required)

View Item
View Item