M. Iqbal Rizki, 150205038 (2020) Keefektifan Pendekatan Metakognitif dalam Pembelajaran Trigonometri di Kelas X SMA. Skripsi thesis, UIN AR-RANIRY.
M. Iqbal Rizki, 150205038, FTK, PMA, 085370294376.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.
Download (4MB) | Preview
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi karena kesulitan siswa dalam menyelesaikan masalah-masalah pada materi trigonometri. Materi trigonometri memerlukan kreativitas siswa sehingga siswa dituntut untuk membangun pengetahuan dan strategi belajar. Pendekatan metakognitif merupakan salah satu pendekatan yang memusatkan pengajaran bagaimana belajar matematika atau siswa diajak untuk belajar dan belajar berpikir. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas X IPA 1 SMA Negeri 5 Banda Aceh yang berjumlah 23 orang. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif. Adapun jenis penelitiannya adalah penelitian dengan desain one shot case study (metode pre-eksperimental). Instrumen yang digunakan untuk pengumpulan data adalah tes hasil belajar siswa, lembar observasi kemampuan guru mengelola pembelajaran, aktivitas siswa, dan angket respon siswa. Data yang diperoleh diolah menggunakan persentase, kriteria waktu ideal, dan deskripsi skor rata-rata sehingga didapat informasi tentang aktivitas siswa, respon siswa, kemampuan guru mengelola pembelajaran, dan ketuntasan belajar. Efektivitas pembelajaran ini dapat didasarkan pada (1) Ketuntasan belajar, (2) Kemampuan guru dalam mengelola pembelajaran, (3) Aktifitas Siswa, (4) Respon siswa. Pembelajaran trigonometri dengan pendekatan metakognitif akan dikatakan efektif jika paling sedikit tiga dari empat aspek tersebut terpenuhi dengan syarat aspek ketuntasan hasil belajar terpenuhi (efektif). Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran dengan pendeakatan metakognitif efektif digunakan dalam materi trigonometri di kelas X IPA 1 SMA Negeri 5 Banda Aceh. Hal ini dikarenakan, (1) hasil belajar siswa tuntas, (2) aktivitas siswa aktif, dan (3) respon siswa terhadap pembelajaran positif, dan (4) kemampuan guru mengelola pembelajaran berada dalam kriteria baik atau sangat baik.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Additional Information: | Pembimbing I : Dr. Zainal Abidin, M.Pd. Pembimbing II : Vina Apriliani, M.Si |
Uncontrolled Keywords: | Efektivitas, Pembelajaran Trigonometri, Pendekatan Metakognitif |
Subjects: | 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan) > 371 Sekolah dan Aktivitasnya: Pendidikan luar biasa > 371.1 Guru dan Pengajaran |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Matematika |
Depositing User: | M. Iqbal Rizki |
Date Deposited: | 01 Oct 2020 04:01 |
Last Modified: | 01 Oct 2020 04:01 |
URI: | https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/14264 |