Peningkatan Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa Kelas VIII MTsN 2 Banda Aceh melalui Model Pembelajaran CORE (Connecting, Organizing, Reflecting, Extending)

Resiana Septirahmi, 150205071 (2020) Peningkatan Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa Kelas VIII MTsN 2 Banda Aceh melalui Model Pembelajaran CORE (Connecting, Organizing, Reflecting, Extending). Skripsi thesis, UIN AR-RANIRY.

[thumbnail of Peningkatan Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa Kelas VIII MTsN 2 Banda Aceh melalui Model Pembelajaran CORE (Connecting, Organizing, Reflecting, Extending)]
Preview
Text (Peningkatan Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa Kelas VIII MTsN 2 Banda Aceh melalui Model Pembelajaran CORE (Connecting, Organizing, Reflecting, Extending))
Resiana Septirahmi, 150205071, FTK, PMA, 082277285653.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (19MB) | Preview

Abstract

Kemampuan komunikasi matematis mempunyai peranan penting dalam pembelajaran matematika. Namun kenyataan di lapangan menunjukkan bahwa kemampuan komunikasi matematis siswa masih rendah. Sehingga diperlukan sebuah model pembelajaran yang dapat meningkatkan kemampuan komunikasi matematis siswa. Oleh karena itu, dipilih model pembelajaran CORE. Penelitian ini bertujuan (1) untuk mengetahui proses pembelajaran dengan menggunakan model CORE yang dapat meningkatkan kemampuan komunikasi matematis; (2) untuk mengetahui peningkatan kemampuan komunikasi matematis yang diajarkan dengan model CORE. Penelitian ini merupakan penelitian action reseacrh dengan pendekatan kualitatif. Subjek pada penelitian ini adalah siswa kelas VIII-4 di MTsN 2 Banda Aceh. Indikator yang diukur adalah written text, drawing dan mathematical expression. Pengumpulan data digunakan dengan menggunakan lembar tes kemampuan komunikasi matematis. Selanjutnya data dianalisis secara kualitatif dengan mendeskripsikan kenyataan atau fakta sesuai dengan data yang diperoleh dan juga digunakan uji N-Gain. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) Pada indikator written text siswa dapat menuliskan konsep dan disertai dengan penjelasan yang tepat, pada indikator drawing siswa dapat mengemukakan gambar dalam ide matematika dengan tepat, dan pada indikator mathematical expression siswa dapat menuliskan informasi dari suatu masalah ke dalam model matematika; (2) uji N-Gain dengan rata-rata 0,51 dengan kategori “Sedang”. Sehingga dapat disimpulkan bahwa model Pembelajaran CORE dapat meningkatkan kemampuan komunikasi matematis.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing I : Drs. H. M. Yacoeb, M.Pd Pembimbing II : Susanti, S.Pd.I., M.Pd
Uncontrolled Keywords: Kemampuan Komunikasi Matematis, Model Pembelajaran CORE (Connecting, Organizing, Reflecting, Extending)
Subjects: 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan) > 371 Sekolah dan Aktivitasnya: Pendidikan luar biasa > 371.1 Guru dan Pengajaran
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Matematika
Depositing User: Resiana Septirahmi
Date Deposited: 29 Sep 2020 04:28
Last Modified: 29 Sep 2020 04:28
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/14265

Actions (login required)

View Item
View Item