Proses Berpikir Siswa terhadap Kemampuan Representasi Matematis Ditinjau dari Gaya Belajar Visual

Muhammad Zaki Mubarak, 150205014 (2020) Proses Berpikir Siswa terhadap Kemampuan Representasi Matematis Ditinjau dari Gaya Belajar Visual. Skripsi thesis, UIN AR-RANIRY.

[thumbnail of Proses Berpikir Siswa terhadap Kemampuan Representasi Matematis Ditinjau dari Gaya Belajar Visual.]
Preview
Text (Proses Berpikir Siswa terhadap Kemampuan Representasi Matematis Ditinjau dari Gaya Belajar Visual.)
Muhammad Zaki Mubarak,150205014, FTK, PMA, 085362669670.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (14MB) | Preview

Abstract

Proses berpikir merupakan suatu usaha yang dilakukan untuk menyelesaikan masalah dengan menggunakan informasi-informasi terkait sehingga dapat ditemukan solusi yang tepat. Dalam menyelesaikan masalah yang terkait dengan representasi matematis, siswa yang cenderung memiliki gaya belajar visual lebih mampu daripada siswa dengan gaya belajar yang lain. Oleh karena itu diperlukan pendalaman untuk melihat proses berpikir siswa terhadap kemampuan representasi matematis ditinjau dari gaya belajar visual. Adapun rumusan masalah pada penelitian ini adalah bagaimana proses berpikir siswa terhadap kemampuan representasi matematis ditinjau dari gaya belajar visual?. Penelitian ini berjenis kualitatif deskriptif yang bertujuan untuk mendeskripsikan proses berpikir siswa terhadap kemampuan representasi matematis ditinjau dari gaya belajar visual. Subjek penelitian ini adalah siswa yang cenderung memiliki gaya belajar visual pada kelas IX-5 di MTsN 1 Banda Aceh yang terdiri dari 3 orang siswa dengan kemampuan representasi matematis rendah, sedang dan tinggi. Pengumpulan data dilakukan melalui angket gaya belajar, soal tes kemampuan representasi matematis dan wawancara. Selanjutnya analisis data dengan mereduksi data, menyajikan data, melakukan trianggulasi waktu dan menarik kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) proses berpikir subjek dengan kemampuan representasi matematis rendah dapat dilihat dari proses akomodasi pada indikator representasi matematis; (2) proses berpikir subjek dengan kemampuan representasi matematis sedang dapat dilihat dari proses asimilasi sekaligus akomodasi pada indikator representasi matematis; (3) proses berpikir subjek dengan kemampuan representasi matematis tinggi dapat dilihat dari proses asimilasi pada indikator representasi matematis.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing I : Dr. Anwar, M.Pd. Pembimbing II : Susanti, S.Pd.I., M.Pd.
Uncontrolled Keywords: Gaya Belajar Visual, Kemampuan Representasi Matematis, Proses Berpikir.
Subjects: 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan) > 371 Sekolah dan Aktivitasnya: Pendidikan luar biasa > 371.3 Metode Pembelajaran dan Belajar
300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan) > 372 Pendidikan dasar > 372.7 Matematika
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Matematika
Depositing User: Muhammad Zaki Mubarak
Date Deposited: 01 Oct 2020 02:45
Last Modified: 01 Oct 2020 02:45
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/14268

Actions (login required)

View Item
View Item