Penerapan Model Pembelajaran Pair Check terhadap Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa SMP/MTs

Qurrata A’yun, 150205027 (2020) Penerapan Model Pembelajaran Pair Check terhadap Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa SMP/MTs. Skripsi thesis, UIN AR-RANIRY.

[thumbnail of Penerapan Model Pembelajaran Pair Check terhadap Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa SMP/MTs]
Preview
Text (Penerapan Model Pembelajaran Pair Check terhadap Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa SMP/MTs)
Qurrata A'yun, 150205027, FTK, PMA, 081397801809.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (18MB) | Preview

Abstract

Kemampuan komunikasi matematis merupakan salah satu kemampuan yang penting dalam pembelajaran matematika. Namun, fakta menunjukkan bahwa kemampuan komunikasi matematis siswa ternyata masih rendah, sehingga dibutuhkan suatu model pembelajaran sebagai alternatif yang dapat digunakan untuk menjadikan kemampuan komunikasi matematis siswa menjadi lebih baik, salah satunya dengan menggunakan model pembelajaran pair check. Tujuan penelitian ini adalah untuk menjawab rumusan masalah bagaimana kemampuan komunikasi matematis siswa setelah diterapkan model pembelajaran pair check? Metode penelitian yang digunakan adalah metode eksperimen dengan desain penelitian one-group pretest and posttest design. Adapun populasi dalam penelitian ini adalah semua siswa kelas VIII SMP Negeri 6 Banda Aceh dengan pemilihan sampel menggunakan teknik random sampling dengan merandom kelas yang paralel dari delapan kelas sehingga terpilih kelas VIII-8 sebagai kelas eksperimen. Instrumen penelitian yang digunakan adalah tes yang selanjutnya dianalisis dengan menggunakan paired sample t-test. Hasil penelitian menunjukkan bahwa persentase siswa berdasarkan indikator kemampuan komunikasi matematis bahwa terjadi penurunan persentase siswa dalam kategori kurang dari yang sebelumnya 88,08% menjadi 6,35%, sedangkan dalam kategori baik/baik sekali mengalami peningkatan dari yang sebelumnya 11,92% menjadi 93,65% sehingga dapat disimpulkan bahwa kemampuan komunikasi matematis siswa setelah diterapkan model pembelajaran pair check lebih baik daripada kemampuan komunikasi matematis siswa sebelum diterapkan model pembelajaran pair check.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: 1. Drs. Lukman Ibrahim, M.Pd. 2. Muhammad Yani, S.Pd.I., M.Pd.
Uncontrolled Keywords: Kemampuan Komunikasi Matematis, Model Pembelajaran Pair Check
Subjects: 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan) > 371 Sekolah dan Aktivitasnya: Pendidikan luar biasa > 371.1 Guru dan Pengajaran
300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan) > 372 Pendidikan dasar > 372.7 Matematika
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Matematika
Depositing User: Qurrata A’yun
Date Deposited: 30 Sep 2020 03:35
Last Modified: 30 Sep 2020 03:35
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/14269

Actions (login required)

View Item
View Item